Tera Forming Mars - Merubah Mars Menjadi Layak Huni

ilustrasi proses terraforming
Infocean-id - Keadaan bumi yang kian memburuk memungkinkan di masa mendatang manusia akan mencari planet planet baru untuk di tinggali. Selain itu, masalah "Over Population" atau pertambahan penduduk bumi yang makin cepat juga menjadi salah satu faktor penting. Walaupun mungkin hal ini terjadi di masa depan yang masih sangat jauh, tidak ada salahnya manusia mepersiapkan rencana-rencana untuk masa depan.

Artikel Terkait : Fakta Menarik Semua Planet di Tata Surya

Beberapa planet dan satelit di tata surya telah menjadi nominasi planet planet terbaik untuk dikolonisasi/ditinggali seperti Mars, Europa, Venus, Bulan, dll. Tidak hanya yang di tata surya saja, Gliese 581d misalnya, beberapa sumber mengatakan kalau planet ini dipastikan layak huni, namun lokasi yang terlalu jauh menjadi masalah besar.

Dari berbagai nominasi tersebut, Planet Mars adalah yang paling menjanjikan. selain karena jaraknya yang dekat dengan bumi, planet ini juga memiliki banyak air walaupun beku.
ilustrasi proses terraforming
ilustrasi proses terraforming

Merubah suatu planet menjadi planet layak huni seperti bumi disebut Terraform/Terraformasi. langkah yang harus diambil untuk Mars Terraforming adalah sebagai berikut :

Pertama, Melakukan Global Warming Besar Besaran Agar Terbentuk Atmosfer untuk menaikan suhu di mars dengan menyebarkan gas gas emisi / gas gas rumah kaca untuk merangkap panas matahari.Kedua, Mengarahkan cermin cermin untuk memfokuskan cahaya matahari ke es agar mencair.Ketiga, setelah ada air mengalir, yang harus dilakukan adalah mulai menanam tumbuhan perintis seperti alga dan lumut kerak yang mampu bertahan di kondisi ekstrim, serta menyebarkan mikroba mikroba untuk membuat tanah organik dan membuat oksigen di mars. Setelah itu penghijauan akan mulai dilakukan, membuat hutan hutan boreal di mars.
Baca Juga: 6 Planet Teraneh di Alam Semesta
Setelah mars layak huni, maka manusia akan membutuhkan energi untuk membangun pemukiman/kota disana. Dan sumber energi yang paling pas untuk kondisi seperti itu adalah Nuklir.
Baca Juga: 5 Fakta Menarik Terbaru Tentang Planet Pluto
Dibawah ini ada perkiraan peta mars setelah jadi layak huni
Namun proses itu tidak berlangsung cepat butuh waktu yang sangat lama, bahkan mungkin ratusan tahun. Selain itu ukuran mars yang lebih kecil sehingga gravitasi nya lebih rendah dari bumi. Beberapa masalah juga bisa menjadi penghalang terwujudnya rencana ini.

Jika diperhitungkan, alangkah baiknya jika kita memelihara bumi yang kita tinggali sekarang ini. Kita sudah diberi Tuhan bumi yang indah ini, sudah seharusnya kita memeliharanya. Maka dari itu Sayangilah Bumi Kita...
Baca Juga: Gliese 581C Mungkin Mampu Mendukung Kehidupan
Previous
Next Post »

'No live link in this comment field'
EmoticonEmoticon