5 Tool Blogging Yang Paling Populer

Infocean-id - Untuk mendukung aktivitas blogging, tentunya anda memerlukan berbagai tool pendukung yang dapat membuat kualitas blog anda semakin meningkat.

Blogging Tools. Image: http://publishingnews.org
Tool-tool blogging disini adalah berbagai website yang menyediakan alat untuk aktifitas blogging seperti pengecek / pemantau kualitas blog anda. Tool tool blogging ini terbukti sangat membantu para blogger. Langsung saja, inilah 5 tool blogging yang paling sering digunakan para blogger.
Baca JugaTips Sukses Membangun Blog Dari Nol

CHKME - SEO Checker
Tool blogging yang satu ini memang sudah sangat populer dan hampir semua blogger memakainya. CHKME adalah tool blogging yang digunakan untuk mengecek dan menganalisa kualitas SEO blog anda. Mengingat SEO ( Search Engine Optimization ) merupakan salah satu faktor penentu kesuksesan suatu blog sehingga tool ini memang sangat dibutuhkan.


Cara mengecek kualitas SEO blog anda di CHKME pun sangat mudah dan tentu saja gratis. Anda hanya tinggal membuka chkme.com dan isikan link blog anda atau link blog siapapun ke dalam kotak untuk dianalisa. Klik enter dan tunggu sejenak, kemudian akan muncul data-data hasil analisa lengkap dengan saran untuk meningkatkan kualitas SEO blog anda. Selain itu, CHKME juga akan menampilkan hasil penilaian akhir berupa nilai dalam bentuk persen (%). Usahakanlah agar nilai anda 100% atau paling tidak mendekati 100%.


GTmetrix
GTmetrix
GTmetrix
Kalau Chkme digunakan untuk mengecek kualitas SEO, GTmetrix berguna untuk mengecek performa suatu blog. GTmetrix adalah website untuk menganalisa kecepatan web/blog yang tersedia secara gratis. Selain SEO, performa suatu blog juga perlu diperhatikan dan ditingkatkan. Tentunya akan lebih nyaman juga kalau blog/website yang anda miliki memiliki performa yang tinggi alias tidak lemot saat dibuka.

Cara menggunakannya pun hampir sama dengan CHKME. Tinggal buka GTmetrix lalu isikan link di kotak dan akan ditampilkan hasil analisanya.


Alexa dan Google Analytics
Google Analytics vs Alexa
Google Analytics vs Alexa

Alexa dan Google Analytics fungsinya bisa dibilang sama saja. Bedanya, Alexa adalah anak perusahaan Amazon.com yang berbasis di California dan menyediakan data komersial mengenai traffic web juga untuk melihat peringkatnya. Kalau Google Analytics adalah layanan milik Google yang menampilkan statistik pengunjung suatu blog/website.

Di Google Analytics, anda dapat melihat analisis Real-Time yang dapat memberitahu mengenai traffic pada saat itu juga. Sehingga anda juga dapat mengetahui kalau misal saat ini 6 pengunjung aktif di blog/website. Keren bukan?


Ahrefs.com dan Google Webmaster Tool
ahrefs
Ahrefs

hrefs.com dan Google Webmaster Tool adalah layanan yang dapat digunakan terutama untuk pengecekan jumlah backlink yang blog/website anda miliki. Jumlah backlink juga menentukan kesuksesan blog yang anda miliki. Dengan backlink tentunya dapat meningkatkan kualitas SEO blog anda. Dengan backlink pula akan semakin banyak visitor blog anda.

Cara mengguknakan Ahrefs.com dan Google Webmaster Tool tergolong mudah. Anda bisa mengetahui cara menggunakannya dengan melihat artikel berikut ini.



Responsinator
Responsinator
Responsinator

Responsinator adalah tool blogging yang berguna untuk mengecek keresponsive-an suatu template blog. Rensponsinator melakukannya dengan cara menampilkan beberapa versi review template pada layar di berbagai perangkat misalnya pada tablet, android, iOS dan lainnya. Sehingga tool yang satu ini cukup berguna bagi blogger yang sedang pilah-pilih template. Kita dapat mengecek apakah template yang kita gunakan dapat tampil tetap bagus di berbagai perangkat atau tidak. Selain itu, responsinator juga berguna untuk para blogger yang ingin membuat template sendiri dan mengecek keresponsive-an template buatannya.

Cara menggunakan responsinator pun sangat mudah. Hanya dengan mengisikan link blog anda ke kotak dan akan ditampilkan hasil analisanya yang berupa review - review template di berbagai macam perangkat. Nah, itulah beberapa tool blogging yang sangat berguna dan paling populer di kalangan para blogger. Apakah anda sudah pernah menggunakan semuanya?
Previous
Next Post »

18 comments

  1. betul banget gan, tapi yang GTMetrix gua jarang pake sih hehe :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, saya sendiri paling sering chkme dan responsinator

      Delete
  2. Nice info gan, khususnya seo checker itu

    ReplyDelete
  3. Alhamdulillah dapat satu lagi tool yang belum pernah saya tau (GTmetrix) (y) mantap bro :)

    ReplyDelete
  4. berguna sekali untuk pemula seperti saya.

    ReplyDelete
  5. berguna sekali buat saya. makasih sob.

    ReplyDelete
  6. Ternyata banyak, nice post mas Saya jadi tahu

    ReplyDelete
  7. Blog ane masih pakai alexa sama google web master, ane coba dulu yang lainya, thanks sudah share

    ReplyDelete

'No live link in this comment field'
EmoticonEmoticon