4 Konspirasi dan Bantahan Mengenai Pendaratan Apollo 11 adalah Kebohongan

Infocean-id - Pada 45 tahun lalu, tepatnya pada 21 juli 1969 negara adidaya Amerika Serikat mengejutkan dunia dengan menciptakan sejarah bagi manusia. Amerika Serikat mengirimkan 3 astronot menuju ke bulan pada misi Apollo 11. Dan Neil Armstrong menjadi orang pertama yang menginjakan kakinya di bulan dan mengatakan "That's one small step for man, one giant leap for mankind". Detik-detik terciptanya sejarah ini menjadi pusat perhatian dan disaksikan di seluruh dunia.



Hasil gambar untuk apollo 11
Add caption


Namun, Beberapa lama kemudian. Munculah berbagai anggapan bahwa Apollo 11 adalah kebohongan. Anggapan tersebut juga diperkuat dengan beberapa teori konspirasi yang juga memberikan banyak pertanyaan dari beberapa kejanggalan yang ada di peristiwa tersebut. Hal ini menimbulkan banyak pertanyaan mengenai kebenaran dari peristiwa tersebut. Walaupun begitu NASA bisa menanggapi konspirasi-konspirasi tersebut. Sehingga kebenarannya masih mejadi pertanyaan hingga saat ini.

Inilah beberapa konspirasi dan jawaban NASA mengenai kebenaran Misi Apollo 11 :





Bintang-bintang Tidak Terlihat di Langit

Bintang tidak terlihat di gambar
Bintang tidak terlihat di gambar







Seperti yang kita ketahui kalau bulan tidak memiliki atmosphere yang sama dengan atmosphere bumi. Atmosphere di bulan tentunya tidak setebal atmosphere bumi, sehingga seharusnya bintang terlihat lebih jelas dari permukaan bulan. Di siang hari pun langitnya tetap hitam karena sinar matahari tidak terpengaruh oleh kandungan-kandungan yang ada di atmospherenya.


Namun, mengapa bintang-bintang tidak nampak pada gambar diatas. NASA memiliki jawaban yang logis untuk teori konspirasi ini. Jawabannya adalah, kamera yang digunakan untuk memotret disetel dengan eksposure yang pendek untuk menghindari gambar-gambar yang over-ekspose. Penyetelan tersebut dilakukan karena permukaan bulan yang terang karena memantulkan cahaya matahari.

Sehingga sinar bintang pun tidak terlihat di gambar yang diambil dengan kamera tersebut. Karena sinar dari bintang kalah terang dengan cahaya yang dipantulkan bulan.



Bendera Terlihat Berkibar di Bulan

Bendera yang "seperti" berkibar
Bendera yang "seperti" berkibar


Fakta-fakta yang ada mengatakan bahwa, di bulan tidak ada angin. Sehingga sangat tidak mungkin kalau bendera yang dipasang di tiang bisa berkibar seperti tertiup hembusan angin. Namun, pada foto diatas bendera Amerika Serikat terlihat seperti berkibar.

Inilah alasannya, itu memang merupakan trik yang digunakan agar bendera terlihat seperti berkibar dengan cara menggunakan tiang yang memiliki bentuk seperti huruf "L" yang terbalik. Selain itu kerutan yang ada pada bendera menambah kesan bahwa bendera tersebut berkibar.


 Melintasi Sabuk Radiasi "Van Allen"
Sabuk Radiasi Van Allen
Sabuk Radiasi Van Allen



Mungkin anda belum pernah mendengar apa itu sabuk radiasi "Van Allen". Sabuk radiasi ini adalah

partikel dan radiasi kosmik yang tertangkap oleh medan magnetik bumi. Dan konon para astronaut yang dikirim kebulan harus melewati sabuk radiasi ini.

Walaupun para pendukun konspirasi ini mengatakan kalau sabuk radiasi ini tidak mungkin dilewati, NASA sudah memperhitungkan semuanya dan memastikan keamanan awak Apollo 11. Selain itu dampak-dampak yang mungkin mempengaruhi kesehatan para awaknya pun sudah diteliti secara detail.

Nasa telah mengeluarkan anggaran yang tidak sedikit untuk mensukseskan misi ini dan terbukti misinya berhasil dengan para awaknya yang sehat-sehat saja. Radiasi yang diterima para astronaut pun ternyata hanya sebesar 10 miliSieverts yang kira-kira sama besarnya dengan radiasi yang diterima saat melakukan CT Scan.


Bayangan ke Segala Arah
sumber gambar : christovita-wiloto.blogspot.com
sumber gambar : christovita-wiloto.blogspot.com



Di gambar tersebut terlihat bayangan yang mengarah ke arah yang berbeda-beda. Beberapa orang menduganya kalau banyangan-bayangan yang aneh tersebut seperti diakibatkan lampu studio yang berada di berbagai penjuru. Padahal hanya matahari yang menjadi sumber cahayanya.

Dari dugaan tersebut, banyak masyarakat yang mengira kalau misi ini adalah rekayasa dan dibuat di studio. Padahal menurut NASA, banyang yang ke segala arah tersebut terjadi karena permukaan bulan yang tidak rata yang memiliki kawah-kawah. Permukaan yang tidak rata menyebabkan cahaya memantul ke segala arah tergantung pada kondisi permukaan. Jika permukaannya naik, bayangan yang terlihat akan lebih pendek, Jika permukaannya menurun maka bayangannya akan terlihat memanjang.

Itulah beberapa teori konspirasi Apollo 11 yang paling terkenal versi kami. Memang kebenarannya masih menjadi misteri sejak tv Fox membuat sebuah documentary film mengenai Moon Hoax ini dan mengakibatkan keraguan akan kebenaran peristiwa tersebut. Lalu, bagaimana dengan anda, percaya atau tidak?

sumber : Liputan 6
Previous
Next Post »

'No live link in this comment field'
EmoticonEmoticon