4 Pesawat dengan Teknologi Super Canggih di Dunia

Infocean-id - Pesawat adalah bagian dari perkembangan teknologi di era modern ini. Tak bisa dipungkiri, banyak pesawat dengan teknologi yang makin canggih hadir baru-baru ini. Tak main main, teknologinya pun membuat banyak orang tercengang saat mengetahuinya. Beberapa diantaranya pun harganya bisa menembus trilyunan rupiah. Penasaran apa saja pesawat dengan teknologi canggih saat ini? Langsung saja, simak beberapa pesawat dengan teknologi canggih berikut ini.
Lynx
Lynx. Image: dailymail.co.uk
Mungkin bentuk seperti space shuttle 'pesawat ulang-alik' menjadi kesan pertama bagi Anda yang baru melihat bentuknya. Namun sebenarnya pesawat ini bentuknya sangat berbeda dengan pesawat ulang-alik. Pesawat luar angkasa ini ditujukan untuk membawa wisatawan yang ingin merasakan penerbangan suborbital dan melihat pemandangan bumi dari luar angkasa. Jangan berpikir kalau pesawat ini memulai perjalanan jauhnya dengan cara vertikal seperti roket. Lynx ini melakukan take-off dengan cara yang sama seperti pesawat pada umumnya yaitu secara horisontal. Pesawat milik perusahaan XCOR Aerospace ini memiliki 3 jenis, yakni Lynx Mark I, Lynx Mark II, dan Lynx Mark III. Anda mungkin juga tak perlu ketakutan soal kemanan karena XCOR Aerospace memerhatikan aspek ini dengan betul-betul. Anda berminat untuk menaikinya

EADS Atrium
EADS Atrium. Image: skyscrapercity.com
Sama seperti Lynx, EADS Atrium ini juga ditujukan untuk menjadi pesawat yang bisa dinaiki wisatawan untuk melihat pemandangan bumi dari luar angkasa. Tidak main-main, wisatawan pun akan diterbangkan hingga mencapai ketinggian 100 km. Kira-kira seperti apa ya pemandagan bumi jika dilihat dari ketinggian seperti itu. Bisakah Anda membayangkannya?

RQ-4 Global Hawk
RQ-4 Global Hawk. Image: northropgrumman.com
Jauh berbeda dengan dua pesawat canggih tadi, RQ-4 Global Hawk adalah pesawat yang sengaja dibuat untuk kepentingan militer. Pesawat ini pun merupakan pesawat tanpa awak yang berarti tidak ada satupun pilot atau awak pesawat di dalamnya. Pesawat ini dijadikan sebagai pesawat yang berfungsi sebagai pesawat mata-mata atau pengintai. Perusahaan pengembang pesawat canggih ini adalah perusahaan AS Teledyne Ryan Aeronautical yang merupakan anak perusahaan Northrop Grumman. RQ-4 Global Hawk ini diketahui digunakan oleh Angkatan Udara Amerika Serikat dan Angkatan Laut dan Angkatan Udara Jerman.

X-47B Drone
X-47b Drone. Image: defenseindustrydaily.com
Pesawat ini merupakan pesawat tanpa awak yang dikendalikan dari darat seperti sebuah drone. Pesawat dengan desain yang unik dan keren ini dikembangkan oleh perusahaan pertahanan Amerika yakni Northrop Grumman. X-47B Drone ini menjalani penerbangan pertamanya pada tahun 2011 dan kemudian menjalani uji penerbangan pada tahun 2013. Perusahaan pengembangnya bermaksud untuk mengembangkan prototipe X-47B menjadi sebuah pesawat siap medan, sistem Unmanned Carrier-Launched Surveillance and Srike (UCLASS), yang akan memasuki layanan pada 2019.
Previous
Next Post »

'No live link in this comment field'
EmoticonEmoticon