5 Channel Edukasi yang Jarang Diketahui Orang Indonesia dan Wajib Kamu Subscribe di YouTube

Infocean-id - Informasi serta edukasi telah menjadi kebutuhan primer bagi sebagian besar orang Indonesia sekarang ini. Orang - orang berlomba untuk menggali informasi sebanyak - banyaknya dari berbagai media baik itu media cetak ataupun media elektronik. Dewasa ini, media elektronik sedang BOOMING di Indonesia karena mayoritas masyarakat telah tersadar akan pentingnya teknologi pada sendi - sendi kehidupan. Media elektronik yang sedang berkembang dalam satu dekade terakhir ini salah satunya adalah situs YouTube. Singkatnya, YouTube merupakan anak perusahaan Google Inc. yang berasal dari Amerika Serikat yang didirikan oleh 3 mantan karyawan PayPal yaitu Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim. Kali ini saya akan membagikan informasi mengenai '6 Channel Edukasi yang Jarang Diketahui Orang Indonesia dan Wajib Kamu Subscribe di YouTube'. Berikut deretan channel - channel YouTube edukasi dan penjelasannya. Semua channel yang akan saya ulas ini sudah terbukti valid sumbernya, jadi tidak perlu khawatir termakan informasi hoax yang meraja lela di YouTube.

1. Kurzgesagt - In a Nutshell
Kurzgesagt merupakan channel edukasi sains yang berasal dari Munich, Jerman. Channel ini menyuguhkan video - video animasi vector art yang unik dan menarik bagi para netizen YouTube. Semua konten yang ada di dalam channel ini merupakan sains, karena tujuan dari diciptakannya channel ini adalah ingin menunjukan kepada dunia bahwa sains itu indah. Untuk deskripsi lebih lanjut bisa visit channelnya disini.
Kurzgesagt - In a Nutshell
Kurzgesagt - In a Nutshell
Channel ini memiliki lebih dari 3.000.000 pelanggan dari seluruh dunia. Berdasarkan Wikipedia, channel ini memperoleh silver play button pada 2014 dan golden play button pada 2015. Meskipun memiliki 3 juta pelanggan, channel ini tetap bersikukuh untuk mengupload satu video setiap bulannya. Karena channel ini mengedepankan kualitas video, bukan jumlah viewers. Bagi kamu yang tidak terlalu lancar berbahasa Inggris dan ingin menonton video - video di channel Kurzgesagt - In a Nutshell tenang saja, disetiap video tersedia subtitle Bahasa Indonesia.

2. Dark5
Bagi kamu penggemar teori konspirasi dan tukang pencari informasi rahasia, channel Dark5 bisa menjadi pilihan kamu ketika berselancar di dunia YouTube. Dark5 menyuguhkan informasi yang terkesan horror, misterius dan creppy. Channel ini berasal dari Amerika Serikat dan tidak diketahui siapa pendirinya. Channel ini dinamakan Dark5 karena di dalam videonya selalu memberikan deretan 5 informasi unik dan aneh yang membuat para netizen YouTube mengkerutkan keningnya. Untuk deskripsi lebih lanjut bisa visit channelnya disini
Dark5
Menurut saya sendiri Dark5 ini merupakan Deep Web nya YouTube karena konten - kontennya yang agak aneh. Meskipun aneh, channel ini tergolong channel edukasi dengan pembawaan yang sedikit berbeda dan antimainstream. Dark5 sendiri sudah memiliki hampir 2 juta pelanggan YouTube dan jumlahnya terus bertambah.

3. Vsauce
Vsauce bisa dikatakan channel terlaris yang mengulas sains-teknologi di YouTube. Vsauce didirikan pada musim panas tahun 2010 tepatnya pada 24 Juni 2010 oleh Michael Stevens. Vsauce terbagi menjadi 3 channel yaitu Vsauce1, Vsauce2 dan Vsauce3 dengan channel utamanya yaitu Vsauce1 yang dibintangi oleh sang founder Vsauce yaitu Michael Stevens. Durasi rata - rata setiap video Vsauce sekitar 10-20 menit dengan Bahasa Inggris. Bagi yang tidak lancar berbahasa Inggris harap tenang, karena channel ini sudah support Bahasa Indonesia disetiap videonya. Untuk yang ingin melihat deskripsi dan channelnya secara bisa klik disini
Vsauce
Vsauce
Channel utama Vsauce memiliki lebih dari 10 juta subscriber dan tentu saja sudah pernah dianugrahi diamond play button oleh YouTube. Vsauce mengajak kita untuk berpikir kritis atas kejadian yang ada di bumi sehingga para penonton dapat menyadari pentingnya sains dalam kehidupan kita. Vsauce merupakan fanatik sains karena selalu membawa nama sains dalam berbagai videonya. Hal yang membuat channel ini unik adalah pada setiap pembukaan video akan ada salam yang berbunyi 'Hey, Vsauce!'.

4. Thoughty2
Thoughty2 merupakan channel informatif yang berasal dari Britania Raya. Hal yang membuat channel ini unik adalah gaya bicara british nya yang khas dan setelan jas khas Inggris nya yang memiliki unsur kharismatik. Channel ini membahas mengenai sains, teori konspirasi, bencana hingga RIF (Random Interesting Facts). Channel ini dibuat pada tahun 2012 oleh orang yang bernama Arran. Kebanyakan konten - konten yang ada di channel ini membuat kita mindblowing. Deskripsi dan informasi lebih lanjut bisa dilihat disini
Thoughty2
Thoughty2
Hingga saat ini channel Thoughty2 telah memiliki hampir 2 juta pelanggan YouTube. Isi dari video - video di channel ini cukup bagus namun sayangnya belum semua video di channel ini sudah mensupport subtitle Bahasa Indonesia sehingga cukup sulit untuk memahami detail isi - isi video Thoughty2 bagi orang yang awam terhadap Bahasa Inggris.

5. Kok-Bisa?
Kok-bisa? adalah channel yang menyampaikan edukasi melalui perantara animasi vector art yang lucu. Channel kali ini berbeda dengan channel - channel yang sudah diulas sebelumnya karena channel ini merupakan channel edukatif karya anak bangsa. Channel karya anak bangsa ini tidak mau kalah kreatif dengan channel - channel animasi karya luar negeri lainnya. Channel kok-bisa juga merupakan channel yang dibilang sukses mengambil perhatian netizen YouTube di Indonesia karena desain animasinya yang unik dan beda dari yang lain. Tidak heran jika channel ini kerab kali masuk ke deretan video viral di YouTube Indonesia. Untuk deskripsi lebih lanjut bisa visit YouTube channelnya disini
Kok-Bisa?
Ada banyak hal unik yang terdapat di channel ini salah satunya adalah gaya bicara dan aksen sang dubber video yang nyantai dan enak didengar. Selain gaya bahasa yang unik, channel kok-bisa juga memiliki hal tersembunyi atau bahasa kerennya 'easter egg' disetiap video - video yang diupload nya. Easter egg tersebut adalah adalah bakso. Mengapa bakso? Lihat saja setiap videonya, pasti kalian akan melihat pesan tersembunyi berupa animasi bakso yang 'nyempil' disalah satu bagian video. Kita sebagai orang Indonesia seharusnya bangga dan mengapresiasi channel kok-bisa? ini karena jarang kita menemukan animator seperti channel kok-bisa? Berdasarkan analisis dari beberapa sumber, channel ini 'katanya' dibuat oleh 3 mahasiswa UI yang memiliki niat dan ide kreatif untuk menciptakan animasi untuk mencerdaskan kehidupan bangsa serta rasa keingintahuan masyarakat Indonesia.

Sekian artikel mengenai '5 Channel Edukasi yang Jarang Diketahui Orang Indonesia dan Wajib Kamu Subscribe di YouTube' .Sebenarnya masih ada banyak lagi channel - channel edukatif di YouTube yang belum saya ulas, namun kebanyakan channel asing. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua . See you on my next article, guys!
Previous
Next Post »

13 comments

  1. ane baru tahu sedkit gan, di youtube kebanyakan channel gak jelas dan kurang mendidik

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan, kebanyakan youtube isinya clickbait doank, wkwk

      Delete
  2. Wah teryata ada ya,channel luar yang pantas disubscribe,thanks min infonya,mau cek

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama - sama, thanks udah visit Infocean-id ^_^

      Delete
  3. menurut saya,Kok bisa paling bagus :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Paling bagus dan paling lucu menurut saya, wkwk :)

      Delete
  4. makasih infonya gan kebetulan lagi cari.....min mau nanya ini template apa namanya ya

    ReplyDelete
  5. wah, malah tak kira di youtube itu rata rata channel gaming

    ReplyDelete
  6. Wah, saya cuma tahu "kok bisa?" Hehehehe :D

    ReplyDelete
  7. Wah, saya cuma tahu "kok bisa?" Hehehehe :D

    ReplyDelete
  8. Dark5 keren, udah subscribe channel ini sejak lama...tapi ya bahasa Inggrisnya kudu oke :D

    ReplyDelete

'No live link in this comment field'
EmoticonEmoticon