Negara Ini Putus Koneksi Internet Untuk Mencegah Siswa Menyontek

Infocean-id – Internet sudah jadi sesuatu hal yang sangat dibutuhkan sekali pada masa kini. Hampir setiap aktivitas kita lalui menggunakan koneksi Internet. Seperti chatting, searching, streaming, hingga shopping sekarang juga bisa dilakukan dengan internet. Tapi semakin mudahnya mengakses internet, membuat internet sering sekali digunakan untuk hal-hal yang dilarang. Salah satunya Menyontek. Wiihhh.. betapa modern dunia ini, menyontek aja udah pake internet.

Baru-baru ini, pemerintah Aljazair memutuskan akses internet ke seluruh masyarakat di negara tersebut baik melalui ponsel ataupun telepon rumah. Bukan tanpa alasan, pemerintah Aljazair memutuskan akses internet dengn tujuan untuk mencegah, para siswa (sekolah menengan atas) menyontek dalam ujian. 
Kecurangan dalam ujian seringkali terjadi
Kecurangan dalam dunia pendidikan menjadi hal serius yang harus diatasi. Image: Shutterstock.
Pemutusan koneksi internet itu tidak akan bersifat permanen, namun hanya sementara saja selama kurang lebih dua jam saat jam ujian berlangsung untuk mencegah berbagai kemungkinan kebocorn soal. Kini negara Aljazair memang sedang dalam masa pelaksanaan ujian sekola, yaitu pada tanggal 20 hingga 25 juni.

Kecurangan di dunia pendidikan memang menjadi masalah serius pemerintah Aljazair. Pada tahun 2016 lalu, Aljazair juga menjadi salah satu negara dengan kecurangan di bidang pendidikan terbesar, saat soal-soal sudah terlebih dahulu tersebar luas di internet sebelum musim ujian berlangsung. 

Menteri Pendidikan Nouria Benghabrid mengatakan berbagai hal sudah dilakukan untuk mencegah kecurangan terjadi, seperti menutup akses ke media sosial, melarang masuknya seluruh perangkat elektronik yang dapat terhubung ke jaringan internet – baik yang digunakan para siswa, maupun pegawai sekolah ke dalam lebih dari 2000 ruang kelas yang ada di Aljazair, dengan memasang detektor logam pada setiap pintu masuk kelas, hingga memasang kamera pengawas dan alat pengacau sinyal ponsel di lokasi-lokasi percetakan soal ujian.

Kini ada sekitar lebih dari 700.000 siswa yang sedang mengikuti ujian akhir sekolah menengah atas di Aljazair yang berlangsung selama 5 hari kedepan sejak hari Rabu, 20 Juni lalu, dan hasilnya akan diketahui pada tanggal 22 Juli mendatang.

Kayaknya Indonesia juga perlu nih. So, gimana menurut kamu? Apakah teknik yang dilakukan Aljazair ini patut ditiru dan diterapkan juga di negara kita Indonesia? Haha. (Ard)
Previous
Next Post »

1 comment

'No live link in this comment field'
EmoticonEmoticon