Apa Aja Sih Perbedaan File System NTFS, FAT32 dan exFAT? Berikut Penjelasan dan Sejarah Singkatnya

Infocean-id - Ketika kita sedang mengformat flashdisk mungkin kita sering melihat istilah NTFS, FAT32 dan exFAT pada option pengformatan flashdisk, namun kita tidak tahu dan sering tidak mempedulikan sebenarnya apa sih perbedaan antara ketiga jenis file system tersebut. Mungkin terdengar sepele tetapi memilih jenis file system saat mengformat flashdisk sangatlah penting! Bagaimana tidak? Bayangkan kita memiliki flashdisk berukuran besar misalnya flashdisk 64 GB tapi file system flashdisk tersebut adalah FAT32, maka flashdisk tersebut hanya akan terdeteksi sebesar 4 GB saja pada OS (operating system) komputer kita. Mengapa demikian? Baiklah, kali ini saya akan menjelaskan mengenai perbedaan file system NTFS, FAT32 dan exFAT pada flashdisk maupun media penyimpanan data lainnya pada dunia komputer.

flashdisk 64 GB
Flashdisk 64 GB dengan desain minimalis. Image: epromoclub.com


Sebelumnya mari kita bahas sejarah singkat mengenai perkembangan file system komputer dari tahun 1990-an tepatnya pada tahun 1996. Pada tahun 1996 FAT32 berhasil diciptakan dibarengi dengan diperkenalkannya MS-DOS 7.1 atau yang biasa kita sebut dengan nama Windows 95. Perjalanan FAT32 tidaklah mudah, FAT32 kerap kali mengalami error saat dipasangkan dengan sistem operasi Windows 95  yang terbaru ataupun Windows 98. Agar dapat menggunakan FAT32 orang-orang jaman dulu harus mengubah format FAT16 menjadi FAT32 dengan utility tertentu agar bisa menggunakan file system FAT32 tanpa kehilangan data. Oleh karena itu, NTFS pun dilahirkan. NTFS (New Technology File System) merupakan generasi flahdisk terbaru dan tercanggih pada tahun 2000-an. NTFS digadang - gadang memiliki kecepatan berkali - kali lipat lebih cepat dibandingkan dengan FAT32.

1. FAT32

FAT32 merupakan file system default pada setiap flashdisk yang ada di dunia. Alasan mengapa produsen - produsen flashdisk memilih FAT32 sebagai default sistem penyimpanannya karena FAT32 dapat compactible dengan komputer jaman sekarang maupun komputer jadul. Banyak pro dan kontra mengenai pemasangan sistem FAT32 pada flashdisk jaman sekarang, namun banyak ahli IT yang meramalkan jika file system ini akan hilang dimasa depan dan akan digantikan dengan file system yang lebih canggih seperti NTFS ataupun exFAT. Keterbatasan yang sangat mencolok dari FAT32 adalah tidak dapat menyimpan single file yang berukuran lebih dari 4096 MB (4GB).

FAT32 pada flashdisk. Image: WikiHow.
Kompabilitas : Dapat bekerja pada semua Windows, Mac, Linux, Game Console dan drive apapun yang memiliki port USB (Universal Serial Bus)
Limit : Maksimal 4096 MB (4GB) untuk satu file dan hanya mampu mempartisi penyimpanan hingga 8 TB
Fungsi : Cocok digunakan sebagai removable disk seperti flashdisk karena spesifikasi dan kompabilitasnya

2. NTFS

NTFS (New Technology File System) merupakan file system terkini dengan segudang fitur didalamnya mulai dari fitur partisi, penanganan error hingga kecepatan transfer file. Meskipun file system ini memiliki segudang fitur didalamnya namun sangat disayangkan karena tidak semua sistem operasi (OS) dapat support dengan file system NTFS dan sebaliknya NTFS juga tidak mau berjalan pada OS lainnya selain Windows. Hanya beberapa OS Mac dan Linux yang dapat compactibe dengan NTFS, itu saja hanya dapat melakukan read saja dan tidak bisa melakukan write.

Harddisk NTFS. Image: Lifewire.com.
Kompabilitas : Dapat bekerja pada semua sistem Windows. Hanya bisa read-only pada sistem Mac dan Linux.
Limit : Tidak memiliki batas ukuran maupun partisi.
Fungsi : Digunakan untuk sistem drive sistem pada Windows dan media penyimpanan eksternal.

3. exFAT

ExFAT pertama kali diperkenalkan pada tahun 2006 oleh sebagai bagian dari Windows CE 6.0. File system ini bisa dibilang paling baru dan ter-update dari generasi file system sebelumnya. File system exFAT memiliki berat yang lebih ringan dengan sistem enkripsi terbaru sehingga memudahkan penggunanya dapat menyimpan serta memproteksi data dari tangan - tangan jahat. Hal yang menjadi istimewa dari file system exFAT adalah dapat digunakan pada semua sistem operasi mulai dari Mac, Linux dan sistem operasi lainnya. ExFAT sudah 100% compatible dengan semua sistem operasi di dunia, jadi kita sudah bisa melakukan read and write pada file system exFAT.

Flashdisk masa kini dengan file system exFAT. Image: transinnovators.com
Kompabilitas : Dapat bekerja pada semua sistem Windows, Mac dan Linux.
Limit : Tidak memiliki batas ukuran maupun partisi.
Fungsi : Digunakan sebagai flashdisk atau harddisk eksternal

Sekian artikel singkat mengenai perbedaan file system NTFS, FAT32 dan exFAT dari saya. Kesimpulan dari artikel diatas yaitu jangan pake file system FAT32 pada flashdisk agan - agan sekalian karena sudah jadul dan kuno. Nantikan update artikel teknologi lainnya guys, so stay tune on Infocean-id. Peace out, bro! (ily)
Previous
Next Post »

'No live link in this comment field'
EmoticonEmoticon