Bagaimana Cara Menembus Kecepatan Cahaya?

Infocean-id - Cahaya merupakan paket energi yang mampu bergerak dengan kecepatan 300.000 km/detik. Melihat kecepatannya saja sudah membuat kita melongo terheran - heran, "Kok bisa ya, cahaya punya kecepatan yang luar biasa cepatnya?". Diantara kalian yang membaca artikel ini pasti ada yang cuma melongo sambil heran dan ada pula yang berpikir dalam hati "Ada gak ya partikel yang bisa menembus kecepatan cahaya?". Nah! Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan wawasan dan informasi mengenai perdebatan "Bagaimana Cara Menembus Kecepatan Cahaya?", simak penjelasannya baik - baik, okey.
menembus kecepatan cahaya
Ilustrasi menembus kecepatan cahaya. Image: phys.org
Kecepatan cahaya dirumuskan dengan  Rumus tersebut ditemukan secara kebetulan oleh seorang ilmuan asal Skotlandia, beliau adalah James Clerk Maxwell. Melalui penurunan rumus dari kajian hubungan listrik dan magnet atau elektromagnetisme, beliau secara kebetulan berhasil menemukan fakta dari hipotesisnya, yaitu cahaya bergerak dengan kecepatan c = 300.000 km/detik. 


Perkembangan penelitian mengenai kecepatan cahaya semakin berkembang selama beberapa dekade setelah Maxwell berhasil menurunkan rumus kecepatan cahaya. Puncak dari perkembangan penelitian mengenai kecepatan cahaya berada pada puncaknya ketika ilmuan jenius Albert Einstein berhasil menemukan persamaan yang fenomenal yaitu E = mc2 . Pasti kalian semua tidak asing dengan persamaan ini. Variabel c pada persamaan ini menjadi variabel yang fundamental dalam mengkalkulasi persamaan E = mc2.Persamaan ini seringkali terpampang pada cover buku fisika SMA dan cover - cover buku sains lainnya. 
Persamaan E = mc2 yang fenomenal. Image: alponiente.com

Dilansir dari acara serial TV National Geographic Channel "Cosmos : A Spacetime Odyssey" yang dibintangi oleh Neil de Grasse Tyson, cara menembus kecepatan cahaya adalah harus ada suatu materi harus memiliki massa "mendekati nol". Karena massa suatu materi harus mendekati nol maka kita dapat menarik kesimpulan bahwa untuk menembus kecepatan cahaya suatu materi harus tidak memiliki massa sama sekali atau memiliki m = 0.
Neil de Grasse Tyson menghadiri acara yang diadakan oleh National Geographic Channel. Image: wbur.org

Adakah partikel/materi di alam semesta yang memiliki massa mendekati nol? Tentu saja ada! Jawabannya adalah "Foton". Yup, foton merupakan paket energi yang memiliki massa mendekati nol bahkan ada beberapa ilmuan yang menyatakan jika foton merupakan partikel yang tidak memiliki massa (m = 0). Dari paparan mengenai foton diatas dapat disimpukan jika foton merupakan partikel yang mampu menembus kecepatan cahaya.

Dari penjelasan diatas kita semua dapat menyimpulkan jika untuk menembus kecepatan cahaya kita harus memiliki massa mendekati nol layaknya foton. Karna syarat mendasar untuk menembus kecepatan cahaya adalah memiliki massa sesedikit mungkin mendekati nol atau tidak memiliki massa sama sekali. Demikian artikel dari saya, mohon maaf jika penjelasan diatas sudah membuat agan - agan sekalian pusing tujuh kepalang. Tunggu artikel fisika modern lainnya dari saya, sekian. Peace out, bro! (ily)
Previous
Next Post »

'No live link in this comment field'
EmoticonEmoticon