Apakah Profesi Akuntan Akan Tergantikan oleh Artificial Intelligence di Masa yang Akan Datang?

Infocean-id - Di tahun 2025 ekonomi digital Indonesia akan mengalami pertumbuhan hingga empat kali lipat mencapai nominal 100 miliar dollar AS atau sekitar Rp1.400 triliun (Asumsi 1$ = Rp14.000). Hal tersebut disampaikan langsung oleh financial analyst Google Indonesia di Jakarta, Selasa (27/11/2018). Perkembangan ekonomi digital tersebut tentu saja merupakan salah satu dampak dari adanya penerapan artificial intelligence di sektor industri, baik itu industri di bidang IT maupun non IT.
artificial intelligence
Artificial intelligence menggantikan manusia. Image: geneticliteracyproject.org
Saat ini Indonesia sedang berada di klasemen atas pada persaingan teknologi artificial intelligence regional Asia Tenggara, mengingat negara Indonesia saat ini sudah mengantongi 5 startup level unicorn (Go-Jek, Grab, Tokopedia, Traveloka, dan Bukalapak). Hal yang membuat artificial intelligence sangat di gandrungi oleh CEO dan direktur perusahaan besar adalah karena kemampuannya yang luar biasa cepat dan akurat dalam menampilkan data serta mengambil keputusan dalam suatu permasalahan.

Bicara mengenai ekonomi dan artificial intelligence, negara - negara maju di seluruh belahan dunia kini sedang gencar - gencarnya melakukan penelitian mengenai implementasi artificial intelligence pada bidang akuntansi. Hal ini tentu saja membuat cemas para akuntan, baik itu akuntan junior ataupun akuntan profesional.

Dilansir dari toolbox.com, artificial intelligence dan machine learning akan mengambil alih hampir 800 juta lapangan pekerjaan di seluruh dunia pada tahun 2030. Angka tersebut merupakan angka yang cukup fantastis karena sudah mencakup hampir 57% populasi penduduk Tiongkok.
akuntan
Job desk seorang akuntan. Image : accountancyage.com
Back to the topic, lalu bagaimana dengan nasib karir para akuntan di masa depan? Apakah mereka juga akan tergerus oleh pesatnya perkembangan artificial intelligence? Mengutip laman LinkedIn yang berjudul "94% Probability That Accountants Will Become Jobless? Think Again."
It's been predicted that in the next two decades, there's a 94% probability that computers with Artificial Intelligence (AI) will reliably perform the job of accountants - ultimately reducing (if not eliminating) the demand for the services of accountants and auditors.
Hal tersebut dipaparkan langsung oleh General Ledger Accountant salah satu perusahaan makanan cepat saji terkenal dari Amerika Serikat (Domino's Pizza).  Dari kutipan tersebut dapat disimpulkan bahwa dalam dua dekade kedepan, komputer dengan teknologi artificial intelligence memiliki peluang yang besar untuk melakukan tugas dan tanggung jawab seorang akuntan.

Dalam konteks ini, teknologi artificial intelligence dapat mengurangi tuntutan pekerjaan seorang akuntan, bukan melenyapkan karir seseorang sebagai akuntan, jadi buat kalian yang sedang menempuh pendidikan di bidang akuntansi, kalian tidak terlalu paranoid dan khawatir akan isu-isu yang beredar pada forum-forum internet (Reddit, Quora, dll.). Kalian masih memiliki peluang untuk berkarir sebagai seorang akuntan dimasa yang akan datang, dengan catatan mampu menyaingi kinerja algoritma artificial intelligence itu sendiri. So, be professional in your education and career! Ingat! Jangan mau kalah dengan artificial intelligence. (Mkl)
Previous
Next Post »

'No live link in this comment field'
EmoticonEmoticon