Inilah Fakta-Fakta dan Teori Mengejutkan Lubang Hitam atau BlackHole !

Infocean-id - Di ruang angkasa nan jauh disana, ada sebuah materi yang sangat padat dan memiliki gravitasi yang sangat kuat yang bernama lubang hitam. Alih-alih pesawat luar angkasa berkecepatan super, cahaya saja tak mampu lolos keluar dari lubang hitam. Lubang hitam ini bukanlah sebuah bintang ataupun planet dan sangat berat massanya walau volumenya jauh lebih kecil yang beberapa diantaranya bisa dibilang 'sangat kecil'. Massa atau densiti yang dimiliki nya begitu padat, sehingga membuat materi ini sangat kuat. Banyak teori bermunculan mengenai lubang hitam, banyak juga fakta-fakta yang beredar mengenainya. Lalu, apa saja fakta-fakta mengenai lubang hitam? Langsung saja, kita simak fakta-faktanya berikut ini.
Ilustrasi Supermassive BlackHole
Ilustrasi BlackHole. Image: space.com

Orang yang Masuk ke Lubang Hitam maka Akan Menjadi Spagettified

Jika ada orang yang mendekati lubang hitam hingga dekat sekali sampai terkena pengaruh gravitasi yang kuat, mungkin orang tersebut akan menjadi spagettified atau yang mungkin bisa Anda bayangkan menjadi seperti spagetti karena adanya pengaruh gravitasi yang cukup kuat dan gravitasi yang dialami kaki lebih kuat daripada yang dialami bagian atas tubuh. Selain itu, karena semua jalur titik kekuatan berada di pusat lubang hitam, orang tersebut juga akan diperas di dalam.


Kita Tidak Dapat Melihat Lubang Hitam Secara Langsung

Seperti yang sudah saya jelaskan tadi bahwa cahaya tidak dapat keluar dari lubang hitam sehingga tidak dapat melihatnya. Maka dari itu tidak mudah untuk menemukan materi di luar angkasa yang satu ini. Namanya saja lubang hitam, sudah pasti susah untuk ditemukan karena memang warnanya hitam. Diperlukan berbagai peralatan yang tepat untuk melakukan penelitian untuk menemukannya. Biasanya para peneliti mengamati dari adanya keanehan pada cahaya seperti bengkok ataupun pergerakan menyimpang dari bintang-bintang.


Terdapat Lubang Hitam Supermasif di Pusat Galaksi Kita

Pernahkah terpikirkan oleh Anda mengenai apa yang ada di pusat galaksi kita yang diperkirakan berbentuk seperti spiral berbatang? Mungkin Anda pernah mengira-ngira kalau di pusat galaksi kita terdapat lubang hitam.

Ya, Anda benar sekali. Di pusat galaksi kita, yaitu galaksi bimasakti memang terdapat sebuah lubang hitam yang merupakan sebuah lubang hitam supermasif (Supermassive Blackhole). Tapi tenang saja, Anda tak perlu khawatir karena jarak bumi kita ini masih sangat amat jauh dari pusat galaksi.


Lubang Hitam Hanya Menyedot Objek dari Jarak Tertentu

Lubang hitam tidak langsung menyedot objek dari jarak yang terlalu jauh. Dia hanya menyedot objek-objek yang berada dekat dengannya. Jika Anda ingin selamat dari lubang hitam, maka Anda harus berada jauh dari event horizon atau disebut juga horison peristiwa.

Event Horizon ini adalah titik dimana objek tidak bisa meloloskan diri keluar kembali. Jadi jika ada objek yang terlalu dekat dengan event horizon ini maka tidak akan bisa meloloskan diri dari tarikan kuat gravitasinya.


Lubang Hitam Terdekat Jaraknya Sangat Jauh

Lubang hitam terdekat dengan bumi saat ini jaraknya masih sangat jauh. Lubang hitam terdekat itu adalah lubang hitam supermasif yang terletak di pusat galaksi kita. Lubang hitam ini dikenal sebagai Sagittarius A * (pengucapan : Sagittarius A-Star) yang memiliki massa sekitar 4 juta kali massa matahari. 

Jarak bumi dengan lubang hitam Sagittarius A * diperhitungkan sekitar 27.700 tahun cahaya. Bayangkan saja jika 1 tahun cahaya kurang lebih 9,4 trilyun kilometer yang jika dihitung-hitung 1 tahun cahaya itu seperti 750 kali bolak balik matahari-pluto.


Waktu Bisa Menjadi Tidak Biasa Ketika Berada Dekat dengan Lubang Hitam

Seperti yang ada pada teori relativitas waktu, gravitasi ternyata dapat mempengaruhi waktu. Hal ini mungkin karena gravitasi adalah pembengkokan ruang akibat adanya massa besar yang yang mengisi ruang. Karena ruang dan waktu sangat erat hubungannya maka pembengkokan ruang juga mempengaruhi berjalannya waktu. Sehingga ketika kita berada pada pengaruh gravitasi yang kuat maka waktu dapat berjalan tidak biasa. 

Seperti yang ditayangkan pada film "Interstellar" para penjelajah yang mendarat di sebuah planet yang sangat dekat dengan sebuah lubang hitam mengalami waktu yang berjalan berbeda dengan bumi. Dalam film itu satu jam waktu yang berlalu di planet tersebut sama dengan bertahun-tahun waktu di bumi. Hal init tentunya menimbulkan kekacauan.


Ada Teori Kemungkinan Kalau Kita Berada di Dalam Lubang Hitam 

Teori yang satu ini mungkin membuat Anda terkejut sekaligus berpikir berulang-ulang. Mungkin ini adalah salah satu teori paling mengejutkan mengenai lubang hitam. Para fisikawan telah lama menyadari ketika mereka megambil kepadatan massa energi di seluruh alam semesta kita, jumlah yang didapat sama dan mirip dengan lubang hitam. 

Mungkin dari situlah para fisikawan menarik kesimpulan dan memunculkan teori ini. Beberapa ilmuwan beranggapan kalau kita ini hanyalah bagian dari lubang hitam yang hanya sebagian kecil dari alam semesta lain. Sedangkan lubang hitam kita mungkin merupakan sebuah gerbang ke alam semesta lain. Walaupun teori ini tak dipegang secara luas namun cukup menarik untuk diulas.



Nah, itulah beberapa fakta-fakta dan teori mengenai lubang hitam yang sudah saya paparkan diatas. Mungkin masih banyak fakta dan teori lainnya mengenai lubang hitam. Bahkan mungkin masih banyak lagi fakta-fakta yang belum terkuak oleh manusia. Lalu bagaimana menurut Anda mengenai lubang hitam?


---- Article Text Optimized
Previous
Next Post »

9 comments

  1. Ketika Berada Dekat dengan Lubang Hitam Waktu Bisa Menjadi Tidak Biasa, sangat misterius banget yah gan,, klo di bumi adanya wih pasti bakalan lebih ngeri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba deh nonton film Interstellar... biar tahu lebih jelasnya seperti apa...

      Delete
  2. Replies
    1. Lubang Hitam terdekat masih sangat jauh kok... berdoa aja semoga sesuatu yang buruk tidak terjadi.

      Delete
  3. mngkn loe sndri gan yang jadi fisikawan-nya...hehehee nice ilmu fisikanya gan

    ReplyDelete
  4. Keren banget gan postingannya sangat bermanfaat

    silahkan berkunjung yaah :)

    http://menurutcaraku.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  6. Kalo di pikir2 .. kaya waktu penggakiman di akhirat ya.. 1 jm dekat dngn lubang hitam sama selisih waktu di bumi lebih lama.. mungkiiiin bumi besok bakal kena lubang hitam yg udh di jelasin di kitap2.. alias KIAMAT. The end dah.......

    ReplyDelete

'No live link in this comment field'
EmoticonEmoticon