Simak Ciri-ciri dan Gerak Gerik Orang yang Sedang Berbohong

Infocean-id - Siapa yang tak suka dibohongi, tentunya anda tak suka kan dibohongi? Berbohong adalah salah satu perbuatan tercela yang wajib kita hindari. Selain mendapat dosa, orang yang berbohong biasanya hidup nya tak tenang. Karena kebohongan, masalah dapat tercipta dan dapat memperparah suatu masalah. Nah karena itu kita harus pandai-pandai mengetahui ciri-ciri orang yang sedang berbohong. Kita harus mengenali gerak-gerik tertentu yang biasanya dilakukan seseorang saat mengatakan suatu kebohongan. Langsung saja, kita simak ciri-ciri dan gerak-gerik orang yang sedang berbohong berikut ini.


Pinokio
Pinokio


Mengalihkan Pembicaraan

Mengalihkan pembicaraan... sepertinya hal ini memang sering dilakukan orang yang sedang berbohong. Karena, orang yang berbohong biasanya cenderung ingin menghindari topik yang dapat memaksa ia untuk berkata tidak jujur. Jika tiba-tiba orang yang anda ajak untuk berbicara tiba-tiba terlihat panik dan mulai membicarakan hal diluar topik, ada kemungkinan kecil dia tidak ingin berbohong atau tidak ingin berbohong lebih banyak mengenai hal yang dibicarakan. Tapi jangan sampai anda terlalu berlebihan dalam menanggapinya, bisa saja ia berbohong karena suatu alasan lain seperti misalnya trauma atau mengingatkan pada sesuatu yang menyedihkan

Perhatikan Gerakan Matanya

Gerakan mata mungkin juga bisa jadi salah satu cara untuk mengetahui apakah seseorang berbohong atau tidak. Menurut beberapa sumber, mata yang cenderung sering melihat ke kanan memperlihatkan orang sedang berbohong, sedangkan mata yang cenderung melihat ke kiri memperlihatkan orang itu berbicara jujur. Hal ini mungkin dikarenakan otak kanan merupakan otak yang digunakan untuk kreatifitas, sedangkan otak kiri berfungsi sebagai Auditory Memory untuk mengingat sesuatu.

Gerak Tubuhnya

Orang yang berbohong biasanya merasa tidak nyaman dan kadang gelisah saat berbohong. Ketidaknyamanan tersebut dapat kita ketahui dari gerkan tubuhnya seperti misalnya cara berbicara yang agak aneh, menyisipkan humor-humor yang terkesan garing atau dipaksakan, berganti-ganti tumpuan kaki, cara bernapas tidak santai yang kadang terlihat terengah-engah dan kadang juga mengambil napas panjang dengan tujuan menenangkan diri, tangan yang terlalu banyak menyentuh bagian tubuh tertentu juga mungkin menunjukan orang tersebut sedang berbohong.

Berusaha Meyakinkan Secara Berlebihan

Orang yang berbohong semestinya ingin perkataannya dipercayai dan tidak dicurigai. Karena itu ia akan berusaha membuat yakin orang yang dibohonginya. Namun terkadang, kondisi yang gelisah dan tidak nyaman membuatnya salah tingkah sehingga ia bisa saja berlaku berlebihan untuk meyakinkan.

Menghindari Tatapan Mata Langsung

Beberapa orang yang sedang berbohong tidak ingin melakukan kontak mata langsung dan biasanya mencoba menghindari pandangan langsung ke tatapan mata lawan bicaranya. Nah karena itu, jika anda mencurigai lawan bicara anda berbohong atau tidak, mungkin ada bisa mencoba untuk menatap matanya. Lalu perhatikan, apakah ia menghindari tatapan mata anda atau tidak.

Itulah beberapa ciri-ciri dan gerak-gerik orang yang sedang berbohong yang sudah saya paparkan dalam artikel saya kali ini. Walaupun memang hal itu bisa dijadikan cara untuk menentukan sesorang berbohong atau tidak, kita tidak boleh semata-mata menjadikan hal-hal tadi untuk menuduh orang karena belom tentu orang yang melakukan beberapa hal tadi saat berbicara itu sedang berbohong. Apalagi kalau kita salah menyangka, karena menuduh sembarangan juga dapat menyakiti perasaan seseorang. Sekian artikel saya, terimakasih dan semoga bermanfaat.
Previous
Next Post »

'No live link in this comment field'
EmoticonEmoticon