Alasan - Alasan yang Membuat Clasher Pensiun Bermain Game Clash of Clans

Infocean-id - Siapa yang tidak kenal dengan game Clash of Clans a.k.a. COC? Hampir semua orang di dunia mengetahui game strategi yang mengasyikan ini. Namun tidak selamanya game ini benar-benar mengasyikan (bagi saya). Pada awalnya saya sendiri berfikir "Wah, game ini seru! pasti bakal dimainin sampe punya anak cucu". Tetapi kenyataannya justru berbanding terbalik dengan yang saya pikirkan saat itu. 


Awal-awal tahun, memang sangat seru dan mengasyikan bermain game ini. Namun, pada akhirnya saya sendiri merasa bosan dan ingin menguninstall game ini. Kali ini saya akan memberikan alasan-alasan mengapa banyak clasher yang bosan dan memutuskan untuk pensiun bermain game Clash of Clans, so let's check it out!
Pensiun bermain Clash of Clans?
Pensiun bermain Clash of Clans?
1. Update Sistem Shield
Yang pertama dan paling utama adalah update dalam sistem shield. Teknik paling utama mendapatkan loot adalah farming. Hampir semua orang melakukan sistem farming pada akun COC nya (kecuali yang sedang push trophy). Namun, tidak selamanya sistem farming dilakukan dengan cara meletakkan TH di pojok base kita. Mengapa demikian? Karena sekarang kita tidak akan mendapatkan shield lagi jika ada orang yang hanya menyerang TH kita. Ini sangat berbeda dengan COC pada masa sebelum diupdate. Seperti yang kita ketahui, sebelum ada update kita dapat mendapatkan shield 12 jam jika ada player yang hanya menyerang TH kita. Oleh karena itu, hal ini menjadi poin penting alasan clasher memilih pensiun bermain. Meskipun demikian kita masih dapat mendapatkan shield guard (walaupun hanya 15 menit) jika ada player yang hanya menyerang TH kita.
RIP TH Farming
RIP townhall farming
2. Bonus Loot Semakin Sedikit
Bonus loot terkesan sepele, namun hal ini berdampak signifikan dalam melakukan farming. Contohnya saja sebelum ada update (yang menjengkelkan) kita bisa mendapat cukup banyak bonus loot jika hanya menyerang TH saja. Namun, semuanya berubah! Bonus loot sekarang didapatkan berdasarkan perhitungan damage yang kita hasilkan ketika menyerang base. Ini sangat berbeda dengan sistem dahulu, dimana kita bisa mendapatkan banyak bonus walaupun hanya menyerang TH saja.

3. Banyak Orang Menggunakan Sandbox Attack
Sandbox attack merupakan tindakan illegal yang banyak dikecam oleh banyak orang serta developer games di dunia. Makin hari makin banyak saja para clasher dari penjuru dunia yang menyerang menggunakan sandbox attack. Para pengguna sandbox attackpun rela memberi akses root pada aplikasi mod di androidnya! Padahal aplikasi mod seperti xmodgames, xxsuzhou dll dapat menyebabkan android rusak sedikit demi sedikit. Selain itu, yang paling parah dari aplikasi mod game adalah aplikasi ini memiliki peluang untuk mencuri data-data pribadi kita. Sungguh merugikan bukan?
Xmod game logo
Penggunaan Xmod merupakan tindakan illegal. Image: clashofkings44.wordpress.com
4. Banyak Rekan yang Pensiun
Rekan bermain game adalah semacam jembatan antara kemenangan dan kekalahan. Untuk mencapai kemenangan tentu kita membutuhkan kerjasama antar rekan yang hebat. Walaupun level kita sudah tinggi tetapi tidak dibarengi dengan kerjasama maka itu adalah hal yang sia-sia. Oleh karena itu, banyaknya rekan yang pensiun bermain juga menjadi salah satu kendala dalam bermain game ini. Karena selain suwung dalam bermain kita juga akan kerap kalah dalam war karena kekurangan rekan bermain. Hal ini dirasakan oleh saya sendiri pada saat war. Apabila makin hari makin banyak rekan bermain yang pensiun maka hal yang akan terjadi adalah bubarnya clan yang kita rawat susah payah bersama rekan seperjuangan.

Demikian artikel "Alasan - Alasan yang Membuat Clasher Pensiun Bermain Game Clash of Clans". Sebenarnya masih ada banyak sekali alasan-alasan penyebab banyak clasher yang pensiun saat ini. Akan tetapi tidak dapat saya jelaskan panjang lebar disini. Sekian semoga bermanfaat bagi kita semua, share jika artikel ini menarik untuk dibaca para clasher :D
Previous
Next Post »

2 comments

  1. Kalo orang-orang terkenal pensiun mah sah-sah aja, lah kaya kita ini yang kaum moderat alias standar mikir 100x hehe
    cara pensiun pada usia muda

    ReplyDelete
  2. Kalau aku juga pensiun soal nya makin di update malah makin lemot dan leg dan juga karna chat global #lembalikan chat global


    ReplyDelete

'No live link in this comment field'
EmoticonEmoticon