Inilah Asal Mula Kata "Android" dari Waktu ke Waktu

Infocean-id - Siapa yang tidak kenal dengan "Android"? Android merupakan nama operating system terkenal yang dikembangkan dan dikelola oleh perusahaan ternama yaitu Google. Hampir semua orang di dunia menggunakan OS (Operating System) ini karena desainnya yang simple, menarik, mudah dioperasikan oleh semua orang dan harganya yang terjangkau. Selain keunggulan-keunggulan tersebut android juga memiliki maskot yang lucu dan menggemaskan, yaitu robot hijau yang tidak mempunyai mulut serta memiliki semacam antena di atasnya. Sampai saat ini saya sendiri belum tahu sebenarnya android itu makhluk apa, apakah dia robot atau hewan atau mungkin alien. Namun, pernahkah anda berfikir bagaimanakah asal mula dan arti nama "Android" itu? 
Bagaimanakah asal mula nama android?
Bagaimanakah asal mula nama android? Image: androidcentral.com
Wujud android sendiri digunakan untuk pertama kalinya oleh seorang penulis yang berasal dari perancis bernama Mathias Viliers de L’Isle-Adam (1838-1898) dalam bukunya yang berjudul Tommorow’s Eve. Di dalam buku tersebut ada sebuah kisah mengenai sesosok robot artificial intelligence dengan bentuk layaknya manusia yang diberi nama Hadaly. Namun, ada juga orang yang perpendapat jika asal mula nama android bukan berasal dari buku karya Mathias tetapi jauh sebelum itu, yaitu antara abad ke-11 sampai abad ke-12 tepatnya antara tahun 1193-1283 oleh seorang pemuka agama katolik bernama Albertus Magnus. Pada saat itu Albertus Magnus pernah menciptakan semacam patung yang dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan sederhana dari para muridnya. Patung tersebut merupakan kepala robot yang terbuat dari kuningan dan di dalamnya terdapat catatan-catatan yang dituliskan oleh Albertus pada lembaran-lembaran kertas. Semenjak itu banyak murid-murid yang menyebut patung kuningan tersebut dengan nama "Androides". Nama androides pun menjadi terkenal hingga pada suatu hari penulis perancis yang namanya sudah disebutkan diatas tadi menyempurnakan wujud androides dan memasukkan perwujudan androides di dalam buku Tommorow's Eve. 
Penemu serta penggagas kata Android
Penemu serta penggagas kata Android Mathias Viliers (kiri) dan Albertus Magnus (kanan). Image: wikipedia.org & likesuccess.com
Perwujudan android juga muncul pada sebuah game keluaran tahun 1990 bernama "Gauntlet : The Third Encounter" yang dibuat oleh Atari. Nah, pada game ini terdapat beberapa karakter yang muncul, yaitu Nerd, Punkrocker , Pirate, dan Android. Bentuk android pada game tersebut sama seperti logo android saat ini, hanya saja android pada game tersebut memiliki warna abu-abu sedangkan logo android memiliki warna hijau. Banyak klaim yang mengatakan bahwa pembuat OS Android maniak dan tergila-gila bermain game tersebut, hingga pada akhirnya sang pencipta android pun mengaplikasikan salah satu karakter pada game tersebut ke dalam maskot android yaitu si robot hijau karena ia sangat suka dengan salah satu karakter pada game tersebut, yaitu si Android. Meskipun demikian banyak juga orang yang menghina dan mengecam pencipta android karena dianggap meniru serta mencuri karakter game Gauntlet : The Third Encounter.
Karakter Android pada game Gauntlet : The Third Encounter yang mirip dengan logo Android
Karakter Android pada game Gauntlet : The Third Encounter yang mirip dengan logo Android. Image: www.engadget.com
Selain itu, nama Android juga menjadi trending ketika film buatan sutradara terkenal George Lucas bernama Star Wars dirilis di Amerika Serikat. Di dalam film tersebut terdapat robot pelayan milik Luke  yang bernama C3PO dan R2D2 yang dikenal dengan nama droid.  Ia dibuat oleh Anakin Skywalker dalam Episode 1 : The Phantom Menace dan keberadaannya terus dipertahankan. Semenjak itu, banyak orang yang mengistilahkan droid sebagai pelayan karena film Star Wars.

Nah, dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa android memiliki arti pelayan pribadi atau teman pribadi. Kata "Android" pun mempunyai perjalanan yang berliku-liku, hingga akhirnya OS milik Google Inc. ini diberi nama Android. Sekian artikel dari saya, semoga bermanfaat bagi kita semua.
Previous
Next Post »

6 comments

  1. thanks info gan ane jadi tau :)

    ReplyDelete
  2. Thanks info nya yaaaa...mampir juga

    ReplyDelete
  3. Ohbaru tahu saya tentang asal mula kata android

    ReplyDelete
  4. Satu lagi boss.
    Dalam film serial TV yaitu Startrek Next Generation era thn 80 s.d 90, juga ada tokoh Android terkenal, yaitu Lt.Cmndr.Data si perwira super jenius dari Starfleet. Maaf, sekedar nambahin aja.

    ReplyDelete
  5. wihh nice info, saya pengunjung setia web anda
    kunjung balik, di web kami banyak penawaran dan tips tentang kesehatan
    Ada artikel menarik tentang obat tradisional yang mampu menyembuhkan penyakit berat, cek yuk
    http://goldengamat.biz/obat-tradisional-kista-dentigerous/

    ReplyDelete
  6. Sedang nonton ulang Star wars. Tokoh droid membuat saya bertanya-tanya apakah ini pertama kali kata tersebut digunakan. Ternyata nama android memiliki sejarah yang lebih jauh lagi.

    ReplyDelete

'No live link in this comment field'
EmoticonEmoticon