Mengungkap Kontroversi Mantan Karyawan Mobile Legends yang Membocorkan Rahasia Gelap Perusahaan

Infocean-id - Bagi kamu seorang gamers smartphone, pasti tidak asing lagi dengan game yang namanya Mobile Legends atau sering disebut juga dengan ML. Mobile Legends merupakan game yang sedang trending dan viral di tanah air saat ini. Game ini menduduki posisi pertama di google play store mengalahkan game-game bergenre sama lainnya seperti Vainglory, Arena of Valor, dan lain sebagainya. Saya sendiri sudah bermain game Mobile Legends sejak awal-awal dirilis pada bulan Juli 2016 karena dibujuk teman untuk bermain bersama.
Logo Mobile Legend
Mobile Legend "5 vs 5 Fair MOBA for Mobile". Image: apko.org
Oke, kembali dengan topik dan judul yang akan kita bahas yaitu "Mengungkap Kontroversi Mantan Karyawan Mobile Legend yang Membongkar Rahasia Gelap Perusahaan." Belakangan ini sedang viral mengenai isu pengakuan mantan karyawan perusahaan game Mobile Legends besutan developer Moonton dari negara China. Menjadi salah satu game yang digandrungi di Indonesia, pengembang game asal negeri tirai bambu ini ternyata menyimpan 'Rahasia Gelap' yang cukup mengejutkan para penggemarnya. Rahasia gelap ini dibocorkan oleh mantan karyawan perusahaan Moonton yang sudah bekerja selama 3 bulan di perusahaan tersebut.

Lewat akun reddit bernama @MobileLegendsBB, mantan perusahaan tersebut mengungkapkan kebijakan-kebijakan peruahaan yang bisa dibilang cukup sensitif karena bersifat diskriminatif, rasisme hingga seksime. Dilansir dari pantauan Tekno Liputan6.com, Rabu (20/12/2017), postingan thread yang diunggah di reddit.com tersebut telah dihapus oleh sang pemilik akun. Belum ada alasan yang jelas dan pasti mengapa postingan itu dihapus oleh pemilik akun. Mungkin si pemilik akun ketakutan akan diburu oleh penanggung jawab keaman perusahaan Moonton, wkwk. Beruntung saja, masih ada cache dari postingan reddit tersebut yang masih bisa diakses dan tersedia di laman Google. Meskipun masih ada cachenya tapi sama saja kita tidak bisa membuka reddit karena kebijakan pemerintah Indonesia yang melarang situs reddit dapat diakses bebas dimasyarakat. Jika, agan-agan sekalian ingin sekali membuka situs reddit tersebut, agan-agan bisa pake proxy atau VPN buat ngaksesnya. Disini ane cuma punya screenshotnya doang dan gapunya direct linknya. Screenshotnya begini gan ...
Postingan mantan karyawan mobile legend yang mengejutkan para gamers mobile legends. Image: Liputan6.com
Berita ini sudah beredar secara berantai diberbagai medsos dan forum-forum terkenal di Indonesia salah satunya adalah Kaskus.co.id. Berdasarkan rumor yang beredar di kalangan pengguna reddit dan forum-forum diskusi lainnya, mantan karyawan ini dulunya bekerja sebagai pengisi suara game, pelokalisasi game, dan pengelola medos game Mobile Legends. Si mantan karyawan menyebutkan jika pembagian divisi perkerjaan dan kebijakan dalam merekrut para pelamar kerja didasarkan pada ras, keturunan, kewarganegaraan, dan etnis orang tersebut. Sangat rasis dan tidak mencerminkan jiwa toleransi bukan?

Si mantan karyawan perusahaan Mobile Legends tersebut juga menyebutkan jika pemegang wewenang perusahaan pernah menolak secara mentah-mentah dan tidak pantas kepada para pelamar pekerjaan yang berasal dari negara Malaysia dan Tiongkok yang akan melamar sebagai penerjemah game dan ahli penerjemah game. Padahal para pelamar pekerjaan tersebut sudah memiliki latar belakang dari segi pendidikan dan pengalaman yang mumpuni.

Tidak hanya itu saja, didalam perusahaan pengembang Moonton pun ada kebijakan rasis lainnya yang harus dipatuhi. Perusahaan tersebut tidak mau menerima pelamar yang memiliki warna kulit hitam. Ketika dimintai alasan keterangan, perusahaan memberikan alasan jika orang yang berkulit hitam merupakan penjahat yang akan merusak kualitas pengembangan game Mobile Legends. Karena kebijakan ini, para karyawan yang berbahasa inggris tidak ada yang memiliki warna kulit hitam. Jadi, sekantor warna kulitnya putih semua, gan. CEO perusahaan induk Moonton yang bernama Elex Tech, mengatakan jika para karyawan berkulit putih akan meningkatkan kualitas citra perusahaan game Mobile Legend sehingga dapat terus berkembang menjadi game terbaik mengalahkan saingan-saingannya.

Sama halnya dengan game gratis lainnya di play store. Mobile legend juga memiliki skin-skin keren yang dijual dari harga murahan kisaran Rp.149.000 sampai skin khusus anak sultan yang harganya bisa sampai Rp.1.400.000. Skin yang harganya mahal ini biasanya skin legendary atau skin langka. Ane sendiri sampe sekarang belum punya skin legend sama sekali karena gaada duit dan gaada yang mau menyedekahkan skin legend ke char ane, hehehe. Oke, kembali ke topik yang sedang kita bahas. Mantan karyawan Moonton tersebut juga mengakui jika skin-skin keren yang ada di mobile legend merupakan 'tiruan' dari game MOBA lainnya. Tidak hanya hal itu saja, strategi pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan juga menargetkan pada anak-anak kecil yang bermain game ini. Sehingga secara tidak langsung game ini melakukan pemerasan secara halus kepada anak-anak kecil penggila game untuk menghabiskan uang yang diberikan oleh orang tuanya.
hero estes dan invoker mirip
Hero estes di mobile legends dan invoker di DOTA 2 memiliki sedikit kemiripan. Image: Screenshot youtube.com

"Berbekal software Unity 3D, tim desain akan merombak sedikit skin yang ada saat ini dengan tambahan stats yang sebenarnya tidak berpengaruh di dalam gim," tulisnya di reddit.

Hal yang menarik lagi dari game ini adalah hero baru yang keluar setiap kurang lebih 2 minggu sekali biasanya memiliki kemampuan yang OP (Overpower) atau IMBA (Imbalance) dengan hero-hero lama lainnya. Tujuan dari melakukan overpower pada hero-hero baru tersebut adalah agar para player membelanjakan BP (Battle Points) atau diamond mereka sehingga ada pemasukan profit secara signifikan.

"Jika tidak membeli hero tersebut, kamu akan tertinggal dari gamer lain," ungkapnya di situs reddit.

Meskipun demikian, hero-hero baru tersebut akan diturunkan kemampuannya atau bahasa gamersnya di 'nerf' setiap minggunya atau setiap ada hero baru lagi yang muncul agar seimbang dengan hero-hero lainnya. Apakah agan-agan juga merasakan hal demikian? Jika agan juga merasakan hal ini, berarti kita sama, hehehe. Berdasarkan pengalaman yang ane rasakan saat bermain game ini sejak awal perilisan pada bulan Juli 2016, hal tersebut sering sekali terasa efeknya. Hal paling IMBA yang ane rasakan selama bermain game ini adalah pada saat perilisan hero Moskov dan Lancelot. Namun, hero tersebut sudah di nerf dan sudah seimbang dengan hero-hero lainnya.

Sebenarnya masih banyak lagi informasi-informasi lainnya yang ungkapkan oleh mantan karyawan tersebut yang memiliki nama akun @MobileLegendsBB di situs reddit, entah itu pelanggaran hak cipta, plagiat game-game lainnya hingga tindakan seksisme karyawati atau sekretaris kepada bos divisinya di tempat kerja.

Akan tetapi berdasarkan data-data yang sudah dihimpun oleh Tekno.Liputan6.com, akun reddit tersebut sudah diretas oleh oknum tidak bertanggung jawab yang identitasnya belum diketahui dan berita tersebut tidak dapat dibuktikan kebenarannya.

"Saat ini, akun Reddit tersebut sedang dalam proses mengambil alih kembali Reddit berakun @MobileLegendsBB tersebut," ungkap sumber yang tak ingin disebutkan namanya.

Demikian artikel tentang rahasia gelap perusahaan Mobile Legends. Bagaimana pendapat kalian mengenai berita tersebut? Silakan tulis di kolom komentar di bawah, gan. Silakan agan-agan sekalian lakukan riset sendiri di mbah google mengenai berita ini atau bisa lakukan riset di situs diskusi seperti kaskus atau reddit. (ily)
Previous
Next Post »

'No live link in this comment field'
EmoticonEmoticon