Tips Push Ranked di Mobile Legends, Segampang itukah?

Gambar terkait
Mobile Legends: Bang Bang.  Image: Google image

Infocean-id - Hae Aganz semua, Saya disini mau kasih beberapa tips dari hasil pengalaman Saya buat Aganz semua yang sekarang lagi stuck di tier manapun karena tips ini bisa berlaku bagi semua tier :v di season 8 ini, jadi langsung aja di scroll ke bawah.
    
PERSIAPAN SEBELUM BERMAIN
     Kenapa persiapan itu penting? ya penting aja buat disiapin :v, kalau merasa sudah siap tinggal scroll terus aja.

    1. Internet yang Mendukung
Liat nih ping Saya ijo
    Yup, ini adalah hal paling penting sebelum bermain yaitu internet yang stabil. Kalau misalnya Aganz kurang yakin ama sinyal Aganz bisa dicoba tuh sebelum Ranked Match coba main Brawl sekali. Seandainya masih terasa lag coba minta temen Aganz yang baik buat kasih Hotspot, ya siapa tau aja dia lagi banyak kuota :v

    2. Punya Squad atau Teman Mabar
Top Global Squad musim ke-6
     
Hal penting lainya yaitu punya teman yang dipercaya buat diajak Mabar. Daripada Aganz main solo [sendirian] ketemu teman setim yang kocaklah, buta maplah, suka toxiclah, dsb.
Mending main bareng sama squad atau main sama temen yang udah kenal betul skill dan cara bermainnya. Jadi kalau bisa Saya sarananin mainnya berlima atau bertiga dengan role yg berbeda-beda. Tapi khusus tier Mythic maennya harus bareng" duo/trio/squad :v karena bakal susah kalau solo di tier Mythic.

   3. Item Build Hero
Contoh Item Build Harley
        Aganz pasti udah pada ngerti, kalau item build itu harus disiapin sebelum Match biar kagak ribet kalau beli manual. Selain biar gak ribet item build juga berguna buat memaksimalkan potensi hero biar makin sakit atau tebel healthnya. [atau bahkan untuk counter hero sekalipun]

   4. Emblem & Talent

Contoh Emblem Assasin dan Talentnya
       Emblem dan talent saat ini sangat berpengaruh dalam setiap game, semakin tinggi level emblem Aganz maka effect yang didapatkan semakin bagus. Saya sarankan untuk meng-upgrade emblem minimal level 40 karena level segitu sudah terbuka ketiga talent. Nah talent ini juga penting karena berpengaruh dalam team fight/ bagi pribadi. Silahkan cari di yutub untuk lebih tau tentang emblem dan talent.
   
   5. Respon Cepat Chat
 
Contoh Respon Cepat Chat
         Sebenarnya kegunanan chat cepat ini untuk memberitahu/memberi arahan untuk tim Aganz. Agar antara satu dengan lain tau harus melakukan apa. Contohnya saat "musuh menghilang dari jalur"player yang di lane lain harus mengantisipasi adanya musuh yang bakal dateng keroyokan :v. Selain itu banyak lagi contohnya silahkan Aganz ubah sesuai selera dan kebutuhan.

   
   6. Tempat dan Waktu yang Pas
       Mengingat sekali Match itu lama. Maka dari itu carilah tempat yang enak buat main. Untuk waktu kalau mau Ranked Match Saya saranin mainnya di pagi hari untuk Aganz yang bukan pelajar. Bagi yang masih pelajar kayak Saya coba main sehabis pulang sekolah atau janjian main pas malam hari diatas jam 10. Kenapa? Karena di waktu tersebut bocah" udah pada tidur (walaupun beberapa kagak sih) tapi, jadinya musuhnya juga pada jago :v


TIPS PUSH RANKED
      Nah, ini adalah menu utama dari atrikel ini, berikut adalah beberapa tips dari Saya yang bisa Aganz dan teman-teman praktek. Kalau enggak juga gak papa :v

  1. Turret Lebih Utama
     Objektif utama dari kemenangan adalah berapa banyak turret yang berhasil Aganz hancurin. Semakin banyak turret musuh hancur semakin tinggi kemungkinan buat menang. Akan sangat bagus jika ada hero Pusher [punya skill escape yang baik] di tim Aganz seperti Fanny, Zilong, Hayabusa, Natalia, dsb.

  2. Farming & Jungling


      Farming juga menjadi kunci utama kemenangan terutama bagi role Marksman dan Assasin. Yang butuh item dan Networth [level dan gold unggul] dari  musuh membuat serangan makin terasa sakit . Usahakan agar Blue buff dan kelomang selalu tim Aganz dapatkan jangan sampai kemalingan karena ini sakral banget dan jangan lupa untuk membeli item jungle lv 2 kalau dah lv15 dijual.

  3. Map Control

        
      Setelah turret musuh banyak yang hancur, itu berarti semakin luas pergerakan tim Aganz dan musuh akan kesulitan untuk farming sehingga tim Aganz semakin menguasai map. Makanya selalu jaga tower Aganz dari serangan minion. Clear minion dulu baru lanjut Jugling. Selain dengan menghancurkan tower musuh cara lain untuk map controling adalah dengan Roaming.

  4. Roaming
Roaming yang dilakukan oleh Tim Blackjack.  Image: Mobalogy YT channel
       Dalam hal roaming dibutuhkan komunikasi yang baik antar sesama tim. Kenapa? karena anggota tim biasanya role Assasin harus pergi ninggalin lanenya buat bantu gank lane lain atau sebaliknya. Sementara anggota lainnya harus mengisi lane yang kosong. Roaming juga bisa dilakukan bersama" buat maling Buff musuh atau nge-gank

  5. Ganking & Diving
Tim RRQ melakukan Ganking & Tower Dive.  Image: Mobalogy YT channel
      Anggota tim yang melakukan Diving berguna melindungi temannya dari serangan tower agar teman"lainnya bmembunuh musuh yang digank dalam waktu singkat. Teknik ini sangat bagus untuk mencuri kill atau men-Shutdown musuh dan bisa mengubah jalannya permainan. Ditambah jika kerja sama tim Aganz baik, maka hal seperti Gank dan Tower Dive bukanlah hal sulit.

  6. Lord & Turtle

         
      Jangan lupa untuk membunuh Turtle terutama diawal game menit kedua. Karena akan sangat bagus jika tim Aganz berhasil membunuh \sehingga tim Aganz mendapat 150 gold dan Exp tambahan. Sementara Lord muncul dimenit keenam jika Turtle tidak dibunuh. Adanya Lord bisa mengubah jalannya permainan menjadi 5 vs 6 ditambah minion yang jadi super gede yang akan sangat menguntungkan bagi tim.
Baca juga: Mengungkap Konstroersi Mantan Karyawan Mobile Legends Yang Membocorkan Rahasia Gelap Perusahaan

  7. META & Hero OP
      META (Most Effective Tactics) adalah sebutan untuk taktik terbaik untuk memenangkan sebuah game, untuk sekarang season 8 META yang sering digunakan adalah
#META 1 : [Tank, Fighter, Mage ,2 Assasin] 
Contoh : Akai, Martis, Cyclops, Hayabusa, Saber

#META 2 : [Tank, Fighter, Suppport, Marksman, Assasin]
Contoh : Hylos, Jawhead, Angela, Lesley, Hellcurt

#META 3 : [Tank, Support, 3 Assasin]
Contoh : Johnson, Angela, Fanny, Saber,Gusion

#META 4 : [Tank, Fighter,support,mage, assasin]
Contoh : Grock, Alpha, Rafaela, Harley, Lancelot

*Kalau dirasa combonya kurang pas silahkan isi dengan hero pilihan Aganz :v

Selain itu ada Hero Overpower & Most pick adalah hero yang kualitasnya lebih tinggi dari hero" lainnya sehinggga sering diperebutkan di draft pick antara lain :
# Tank      : Akai, Johnson, Hylos
# Fighter   : Martis, Alpha
# Mage     : Cyclops, Vexana
# Mm       : Lesley,
# Assasin : Lancelot, Gusion
# Support : Angela

*Pastikan selalu mengambil salah satu hero diatas untuk meningkatkan kemungkinan menang [tapi jngn terlalu bergantung pada hero OP ya :v]

  8. Strategi 4-1 Split Push / RAT
Pengertian RAT.  Image: kopex gaming YT channel
       Saat anggota lain Push lane/Solo Lord, anggota lainnya akan deff & menarik perhatian. Strategi 4-1 bila dilakukan dengan benar bisa membuat musuh kebingungan bahkan baru menyadari beberapa dari Towernya telah hancur atau saat war tiba-tiba Lord telah terbunuh. Kekurangannya strategi ini adalah saat war akan terjadi situasi 4 vs 5 yang dimana kurang menguntungkan sehingga harus pintar" tim Aganz saat war.

  9. Full Defense 5 vs 6
Contoh Pertarungan 5 vs 6
       Disaat musuh berhasil mendapatkan Lord, akan terjadi war 5 vs 6 dimana ini sangat tidak menguntungkan. Karena itu saya sarankan untuk bertahan menunggu Lord tepat didepan base (bukan didalam) agar area war dipersempit dengan adanya tembok di base. Usahakan agar Lord tidak mencapai area dalam base [High Goround]. Dengan cara sebagai berikut :
  1. Perhatikan posisi agar selalu menjaga jarak
  2. Usahakan sebagian nyerang Lord,  sebagian nyerang musuh (terutama Mm dan Mage)
  3. Pastikan di tim Aganz membagi tugas untuk clear lane dan mencicil nyawa Lord agar tetap menjaga formasi tetap aman pastikan hero yang memiliki mobilitas tinggi [Hayabusa,Harley,Alpha,dsb] yang clear lane, sisanya berhadapan dengan lord untuk mengulur waktu.
  4. Pastikan juga tim Aganz ada hero Crowd Control yang berguna untuk memecah formasi musuh kayak satpol pp bubarin tawuran pelajar :v. atau menculik hero musuh layaknya seorang pedofil, seperti : Chou, Franco, Ruby, Akai, Jawhead,dsb.
  5. Jika Tim Aganz berhasil defense base dengan baik dan berhasil memenangkan war segeralah untuk Push lane dan satu orang clear lane.
*Saya ingatkan kembali untuk berhati-hati terhadap minion besar kayak t*i yang siap melahap Towermu :v

10. Team Work, Stay focus & No Toxic

Salah satu hal yang paling susah dihindari :v
         Terakhir adalah Kerja sama, Fokus dan kagak bacot. Namanya juga game yak paling enak sih nge-bacot bareng temen, tapi yang dijelaskan disini adalah semakin kita tertekan dan nyalahin tim kita sendiri malah semakin memperburuk keadaan. Formasi tim makin ancur, jadi pada egois, dan kagak fokus karena pada bales-balesan ejekan, pada minta reportlah,nafsu kill, dsb.
         Terlebih jika hampir menang malah sempet-sempetin buat ngerendahin musuh, eh malah di comeback kan gak lucu :v. Jadi chat buat komunikasi aja bukan tempat nge-bacot apalagi buat nyatain perasaan, Fokus permainan aja buat ngalahin musuh karena kita satu tim, diabaikan ajalah atau kalau perlu dimute/diilangin aja fitur chat di pengaturan.

        Sekian Tips Push Ranked di Mobile Legends dari Saya semoga tips ini bermanfaat bagi Aganz sekalian. Terimakasih karena telah membaca dan ninggalin komentar, kritik maupun sarannya :v
Previous
Next Post »

2 comments

'No live link in this comment field'
EmoticonEmoticon