5 Misteri Laut Terbesar Yang Belum Terpecahkan

Infocean-id - Seperti yang kita ketahui, 70% permukaan Bumi sesungguhnya diliputi air, dan dari 70% tersebut hanya 5% saja yang sudah dijelajahi. Hmmm, padahal dibalik indahnya laut, tersembunyi berbagai macam misteri yang sampai saat ini belum juga terpecahkan. Kali ini Admin akan membahas mengenai 5 Misteri Laut Terbesar Yang Belum Terpecahkan, mari simak daftarnya berikut ini.
5 Misteri Laut Terbesar Yang Belum Terpecahkan
5 Misteri Laut Terbesar Yang Belum Terpecahkan

1. Segitiga Bermuda
Pasti Aganz sudah pernah mendengar misteri tentang wilayah yang satu ini. Wilayah aneh yang terletak di Samudra Atlantik Utara antara Bermuda, Miami, dan San Juan, Puerto Riko ini telah menjadi penyebab dari dugaan hilangnya lebih dari 75 pesawat dan ratusan kapal yang belum ditemukan penyebabnya.
Segitiga bermuda
Ada apa di segitiga bermuda?. Image: ceneset.com.br
Banyak kisah-kisah yang disangkut pautkan terhadap Segitiga Bermuda. Sebut saja misteri USS Cyclops, yang menyebabkan hilangnya 300 nyawa dan juga menjadi peristiwa lenyapnya kehidupan non tempur terbesar dalam sejarah angkatan laut Amerika Serikat, pada 1918. Flight 19, sekelompok 5 pembom torpedo Amerika Serikat yang hilang di Segitiga Bermuda, pada tahun 1945. Hingga El Faro, sebuah kapal kargo, dengan 33 kapal yang juga lenyap di wilayah misterius itu.

Banyak yang menghubungkan lenyapnya puluhan pesawat serta ratusan kapal di Segitiga Bermuda dengan berbagai penyebab. Seperti medan elektromagnetik, cuaca buruk, gangguan paranormal, moster bawah laut, hingga serangan alien. Namun baru-baru ini telah ditemukan teori baru mengenai misteri yang menyelimuti Segitiga Bermuda tersebut. 

Beberapa ahli meteorologi mengungkapkan bahwa misteri hilangnya pesawat dan kapal di wilayah tersebut disebabkan oleh adanya awan heksagonal yang tidak biasa, dan dapat menciptakan bom udara dengan kecepatan 170 mph.

2. Keberadaan Hewan Purba SCP-169
Mungkin Aganz pernah mendengar beberapa kisah mahluk-mahluk SCP yang terkenal. Salah satu yang paling besar adalah SCP-169. SCP-169 dikenal dengan sebutan The Leviathan, yang diperkirakan telah hidup sejak era Prakrambium. The Leviathan digolongkan sebagai artrhopoda laut, namun memiliki tubuh yang sangat "luas", yang sampai sekarang belum ada yang tahu dimana keberadaannya.
Perkiraan ukuran SCP 169 atau The Leviathan
Perkiraan ukuran SCP 169 atau The Leviathan. Image: boombastis.com.
Diperkirakan, mahluk SCP yang satu ini mulai terdeteksi oleh Mobile Task Force Gamma-6 pada tahun 1900 selama penyelidikan aktivitas paranormal di sebuah wilayah rahasia, yang pada saat itu diyakini merupakan sebuah negara kepulauan.

SCP-169 diperkirakan memiliki panjang tubuh 2000 hingga 8000 km dan diyakini, mahluk iini menjelma menjadi sebuah pulau. Menurut beberapa orang, The Leviathan atau SCP-169 hanyalah sebuah cerita karangan SCP Foundation. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa mahluk ini benar-benar ada, dan masih hidup sampai saat ini. Hmmm... Apa Aganz juga percaya mahluk-mahluk SCP itu benar-benar ada?

3. Colosal Squid
Aganz pernah makan cumi-cumi? kira-kira paling besar seberapa ganz? Hmmm... tapi apa jadinya kalo cumi-cumi yang kita makan punya panjang tubuh 4 meter lebih? Nah ini dia, Colosal Squid, atau bisa kita panggil cumi-cumi kolosal. Cumi-cumi kolosal diperkirakan memiliki panjang tubuh hingga 4 meter, dan dengan tentakel yang panjangnya bisa sampai 10 meter. Dan kalo ditotal bisa sampai 14 meter panjangnya.
Colosal Squid
Colosal Squid. Image: factins.com.

Cumi-cumi kolosal atau Mesonychoteuthis hamilltoni adalah spesies cumi-cumi terbesar di dunia. Dan karena ukurannya yang raksasa, seringkali Colosal Squid dikait-kaitkan dengan keberadaan mahluk mitos penguasa lautan6, Kraken.

Nama Colosal, bisa berarti sesuatu yang besar, megah. Jadi, secara singkat bisa diartikan bahwa Colosal Squid merupakan cumi-cumi yang sangat amat besar. Tak jarang pula mereka juga dikenal dengan nama Antarctic Squid, karna sejauh ini, merekan hanya ditemukan di perairan sekitar Benua antartika. Cumi-cumi ini pertamakali diketahui di tahun 1925, ketika para peneliti mulai meneliti bangkai paus sperma, dan dengan tidak sengaja menemuka sepasang tentakel cumi-cumi kolosal didalamnya. Selai itu, sekelompok nelayan Selandia Baru pernah menangkap cumi-cumi kolosal dengan panjang mencapai 4 meter lebih di perairan kutub selatan

4. Kapal Alien di Dasar Laut Baltik
Pada tahun 2011, sebuah benda aneh selebar 62 meter dengan tinggi 8 meter yang menyerupai kapal antariksa ditemukan di dasar laut baltik, yang menggemparkan jagat pemburu alien. Sudah beberapa tahun berlalu, dan tak ada kepastian, benda apa yang sebenarnya ditemukan di dasar laut baltik tersebut.
Baltic sea anomaly
Baltic sea anomaly. Image: infinityexplorers.com.
Benda aneh itu pertama kali ditemukan oleh kapal pemburu harta karun, tim Ocean-X yang pada saat itu dipimpin oleh Peter Lindberg serta peneliti yang bernama Denis Asberg. Dengan menggunakan teknologi sonar, mereka menemukan sesuatu yang aneh di kedalaman 91 meter.

Stefan Hoegerborn, salah satu penyelam mengatakan bahwa, benda apapun yang mengandung listrik akan mati saat mendekati objek itu, termasuk telepon satelit yang berada diatasnya. Saat tim penyelam menjauh sekitar 200 meter, semua peralatan kembali berfungsi, dan akan mati lagi saat penyelam mencoba mendekati objek itu kembali

Banyak yeng bertanya-tanya, benda apa itu sebenarnya? ada yang bilang benda itu adalah jamur rasaksa, kapal selam rusia, alat anti kapal selam nazi, bagian dari senjata kapal selam, hingga yang paling enghebuhkan, kapal antariksa alien. Menurut Aganz yang mana nih?

5. Atlantis, Benua Yang Hilang
Pernah dengan legenda mengenai Benua Atlantis yang hilang? Benua Atlantis yang hilang sangat populer dikalangan pencinta teori konspirasi, dan menjadi salah satu misteri lau terbesar sepanjang masa yang hingga sekarang belum terpecahkan.

Banyak teori-teori masuk akal yang menerangkan tentang Atlantis, namun tak sedikit pula teori yang menerangkan Atlantis diluar akal manusia.
Benua Atlantis yang hilang
Benua yang hilang. Image: dailymail.co.uk.

Misteri tentang Benua Atlantis pertama kali dikemukakan oleh seorang filsafat Yunani kuno, Plato, pada tahun 427-437 SM dalam buku yang ia tulis dengan judul Critias and Timaeus. Di dalam bukunya tersebut, ia menceritakan bahwa Atlantis dahulunya merupakan suatu peradapan yang sangat modern pada kala itu. Atlantis merupakan sebuah pulau yang dikelilingi oleh pulau dengan pembatas yang terletak di samudra atlantik, namun saat akan berperang melawan Athena terjadi suatu bencana yang mengakibatkan pulau besar ini lenyap.

Dari catatan Plato, ia mengatakan bahwa legenda Benua Atlantis yang hilang bukan karyanya sendiri, namun dari cerita turun temurun dari masyarakat. Dan ini juga menjadi salah satu pendukung keberadaan Benua Atlantis.

Bukti lain tercatat pada tahun 1968 di Benua Atlantik bagian barat, tepatnya di sekitar kepulauan Florida. Kala itu, lautan disekitarnya tiba-tiba berubah menjadi bening, sehingga banyak penyelam yang datang untuk melihat keindahannya, namun beberapa penyelam menyaksikan sebuah jalan setapak yang tersusun dari balok batu yang jika dipikir-pikir tidak mungkin terbentuk karna faktor alam.

Hingga kini, Benua Atlantis masih menjadi sebuah misteri. Dan masih belum ada bukti yang benar-benar kuat untuk mendukung teori Benua Atlantis yang hilang.

Gimana ganz? ada yang kurang? kalo punya misteri laut lainnya bisa langsung kome di kolom komentar di bawah ganz! Punya usulan artikel selanjutnya? langsung kome di bawah. Akan senantiasa kami buatkan :D hehehe (Ard)
Previous
Next Post »

4 comments

  1. Mantap min
    Next posting tentang scp donk

    ReplyDelete
  2. masih ada yang brani lewat gk ya ke segitiga bermuda, makan korban banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya banyak yang nggak berani, ada beberapa orang "beruntung" yang selamat melewati segitiga bermuda, dan pulang membawa cerita mengerikan.

      Delete

'No live link in this comment field'
EmoticonEmoticon