Apa Saja Hal-Hal Baru Yang Ada di Update Aquatic Minecraft?

Infocean-id - Update Aquatic Minecraft fase kedua sudah keluar beberapa hari yang lalu (7/10/2018) untuk versi Windows 10, VR, Pocket Edition (Mobile), Xbox One, dan Bedrock Edition (Nintendo Switch). Sedangkan untuk 1.13 Java Edition, sudah sampai Pre-Release 8 sejak artikel ini ditulis. Update terbaru Minecraft yang dikenal dengan Update Aquatic ini digadang-gadang sebagai update terbesar Minecraft. Banyak sekali update yang akan dimasukkan dalam versi ini, terutama untuk lautan dan beberapa perubahan untuk membuat Minecraft menjadi lebih nyata.
Update Aquatic Minecraft
Update Aquatic Minecraft memaksimalkan kehidupan di bawah laut. Image: minecraft.net.
Lalu apa aja sih update yang dimasukkan ke dalam Update Aquatic Minecraft ini? Berikut ini admin jabarkan update-update yang telah dimasukkan hingga saat ini. 
NOTE: Admin membagikan update ini terbagi kedalam 8 macam kategori update yaitu: Blok Baru, Item Baru, Wilayah Baru, Bioma Baru, Mobs Baru, Status Efek Baru, Enchantemnts Baru, dan Perubahan. Untuk mempermudah dalam mencari kategorinya silahkan tekan Ctrl + F untuk PC, dan ketikkan kategorinya. 
Blok Baru:
1. Kelp (Rumput laut). Merupakan tanaman paling baru, dan menjadi tanaman pertama yang memiliki animasi berupa gerakan. Bisa digunakan untuk membuat makanan, yaitu dried kelp, dengan cara membakarnya.
2. Dried kelp block (Blok rumput lau kering). Yaitu sebuah blok baru yang terbuat dari 9 buah dried kelp.
3. Seagrass (Rerumputan laut). Bisa digunakan untuk mengembangbiakan penyu dan menjadi penghias air. Seagrass hanya bisa diambil menggunakan gunting atau Tools dengan enchantment Silktouch.
4. Sea pickles (Acar laut). Bisa digunakan untuk membuat pewarna lime (hijau muda) dan akan menghasilkan cahaya bila di dalam air.
5. Turtle Eggs (Telur penyu). Ketika penyu dikembang-biakkan menggunakan seagrass, salah satu penyu akan menggali pasir dan akan meletakkan blok telur yang mengandung 1-4 telur. Setelah telur melewati beberapa tahap, kemudian telur akan menetas pada malam hari.
Penyu atau sea turtle minecraft
Penyu sedang bertelur di pinggir pantai. Image: minecraft.net.
6. Blue ice (Es biru). Es biru merupakan blok baru yang lebih licin dan keras daripada es yang dikemas (packed ice). Tentunya Es biru tidak akan mudah meleleh, apabila diletakan didekat sumber cahaya. Es biru bisa dibuat menggunakan 9 paccked ice.
7. Conduit (Saluran). Conduit merupakan blok yang akan memberikan player didekat blok sebuah conduit power. (Baca apa itu conduit power di kategori "Status Efek Baru")
8. Bark blocks [Java Edition] & Stripped logs (Kayu yang dikelupas). (Wood dalam versi sebelumnya akan diganti namanya mejadi log). Sedangkan Stripped logs merupakan Wood yang telah dikupas kulitnya, sehingga menyisakan bagian dalamnya. Stripped logs didapatkan dengan meng-klik kanan blok log (Wood).
9. Prismarine Stairs & Slabs (Tangga dan lempeng prismarine). Sekarang prismarine juga bisa dibentuk menjadi tangga dan lempengan.
Bangkai kapal yeng hancur di antara jurang bawah laut (ravine)
Bangkai kapal yeng hancur di antara jurang bawah laut (ravine). Image: minecraft.net.

Item Baru:
1. Trident (Trisula). Trisula cuma bisa kamu dapat dari Drowned. Setiap drowned yang memegang trisula memiliki kesempatan 8.5% untuk menjatuhkan trisulanya saat mati. Dan trisula memiliki 9 attack damage, lebih sakit dari pedaang diamond.
2. Scute (Tempurung bayi penyu). Didapatkan saat bayi penyu tumbuh menjadi dewasa. Bayi penyu akan menjatuhkan 1 Scute saat mereka tumbuh.
3. Turtle shell (Tempurung Penyu). Didapatkan dari penyu saat mereka mati, bisa juga di-crafting dari 5 buah Scute.
4. Dried kelp (Rumput laut kering). Item makanan baru yang bisa dibuat dengan cara membakar rumput laut, dried kelp akan meningkatkan nyawa makananmu sebanyak 1.
5. Phantom membrane. Merupakan bahan ramuan baru yang didapatkan dari phantom saat mereka terbunuh, dan dapat digunakan untuk membuat Potion of Slow Falling.
6. Heart of the sea. Merupakan item langka yang hanya bisa didapatkan di dalam harta karun terpendam, dan dapat digunakan untuk membuat Conduit
7. Nautilus shell. Cangkang Nautilus hanya bisa didapatkan dengan memancing, namun terkadang dengan membunuh drowned kamu juga bisa mendapatkannya. Digunakan untuk membuat Conduit.
8. Potion of the Turtle Master. Memberikan kamu status efek berupa Slowness IV dan Resistance III untuk level 1, serta Slownes VI dan Resistance IV untuk level 2.
9. Arrow of the Turtle Master.  Memungkinkan siapapun yang terkena panah ini akan mendapatkan status efek Turtle Master.
10. Potion of Slow Falling. Memungkinkan kamu untuk jatuh lebih lambat serta tidak mendapatkan damage saat kamu terjatuh.
11. Arrow of Slow Falling. memungkinkan siapapun yang terkena panah akan mendapatkan status efek Slow Falling.
12. Debug stick [Java Edition]
13. Buried treasure explorer map (Peta harta karun). Peta harta karun merupakan item peta baru yang bisa kamu dapatkan dengan membelinya dari cartographer (Pembuat peta) dengan membuka pembelian tingkat ke-4. Kamu bisa mendapatkan peta tersebut seharga 1 kompas dan 12-20 Emerald.
14. Spawn eggs baru,  untuk turtles, phantoms, cod, salmon, pufferfish, tropical fish, dan drowned
15. Fish buckets (Ember ikan). Merupakan ember air dengan ikan di dalamnya. Didapatkan dengan cara mengambil ikan menggunakan ember. Bisa diisi cod (ikan kod) , salmon, pufferfish (ikan buntal), dan tropical fish
Underwater Ruins (reruntuhan bawah laut). Image: minecraft.net.

Wilayah Baru: 
1. Shipwrecks (Bangkai kapal). Sebuah bangkai kapal yang sudah lama tenggelam di dasar lautan, terkadang juga bisa ditemukan di pantai, dan sangat langka di sungai. Kapal yang utuh berisi 3 chest, di haluan kapal, di bagian belakang, dan di bagian bawah kapal. Kalo kamu hanya menemukan beberapa bagian kapal, chest yang berada di bagian yang hilang juga akan hilang.
Bangkai kapal di dasar laut
Bangkai kapal di dasar laut. Image: minecraft.net.
2. Icebergs (Gunung es). Gunung es yang terbentuk di lautan es yang membeku, terbentuk dari es yang dikemas dengan beberapa blok es dan es biru.
3. Underwater ruins (Reruntuhan bawah laut). Reruntuhan bawah laut tersebar di seluruh lautan, dan berbentuk seperti desa yang tenggelam dengan bangunan-bangunan uniknya. Disetiap reruntuhan bawah laut kamu memiliki kesempatan untuk mendapatkan chest, semakin besar reruntuhan, semakin banyak pula loot yang didapat dari chest tersebut.
4. Buried treasures (Harta karun terpendam). Harta karun yang terpendam bisa kamu cari seperti layaknya bajak laut. Bisa kamu temukan menggunakan peta yang bisa dibeli dari cartographer. Harta karun kebanyakan tersebardi pinggir pantai.
5. Underwater caves and ravines (Goa dan jurang bawah laut). Nggak cuma didarat, sekarang goa dan jurang juga diletakkan di bawah laut.
6. Coral reefs (Terumbu karang). Yaitu area yang ditumbuhi banyak sekali terumbu karang. Dapat ditemui di daerah lautan hangat dan terdiri dari berbagai macam koral dengan warna yang bervariasi

Bioma Baru:
1. Laut hangat, bioma laut dingin dan laut dalam, serta bioma laut beku yang dalam
2. Membagi The End menjadi bioma terpisah, yaitu pulau-pulau terapung, sedang, tinggi, dan tandus.[Java Edition]

Mobs Baru:
1. Phantoms. Merupakan mobs dari hasil voting saat MineCon, berwujud ikan pari namun hidup di langit, dan akan berkeliaran saat malam hari. Phantom akan lebih sering ter-spawn apabila kamu pergi tanpa tidur. Agar phantom terspawn, kamu perlu berada di lautan tanpa ada blok satupun yang menghalangi atasmu.
Phantom Minecraft
Phantom akan menyerang player yang jarang tidur. Image: minecraft.net.
2. Sea Turtles (Penyu). Sekarang juga ada penyu, yang terkadang juga sering mampir ke pinggir pantai. Penyu bisa dikembangbiakkan dengan memberi mereka seagrass. Setelah mereka dikembang-biakkan, salah satu penyu akan menggali pasir dan akan meletakkan 1-4 telur. Telur akan mengalami beberapa tahap sebelum mereka akan menetas di malam hari.
3. Dolphin (Lumba-lumba). Lumba-lumba sekarang juga bakalan menemani perjalananmu saat mengarungi samudra. Nggak bakalan kesepian lagi deh.
Dolphin Minecraft
Lumba-lumba sedang berenang di sekitar terumbu karang dan ravine. Image: minecraft.net.
4. Fish (Ikan). Ikan sekarang bukan kaya dulu lagi yang cuma bisa kita lihat saat memancing. Sekarang saat kita menyelam kita juga bisa melihat ikan-ikan di terumbu karang.
5. Drowned. Drowned adalah salah satu musuh baru, berwujud zombie yang telah lama tenggelam ke dasar laut. Mereka memiliki senjata berupa trisula yang bisa saja kamu dapatkan saat membunuh mereka. Namun hanya Drowned yang ter-spawn secara alami yang akan membawa trisula. Zombie yang berubah menjadi drowned tidak akan memilikinya.
Drowned Minecraft
Drowned yang memegang pancing. Image: minecraft.net

Status Efek Baru:
1. Slow Falling. Status efek ini memungkinkan kamu untuk jatuh lebih lambat di udara, dan tidak akan menghasilkan damage ketika terjatuh. Dan ketika kamu berlari menggunakan status efek ini, saat melompat kamu bisa melewati hingga 6 blok.
2. Conduit Power. Status efek conduit power memungkinkan kamu untuk meningkatkan penglihatan di bawah air dan menggali dengan lebih cepat di dalam air (atau ketika hujan).
3. Dolphin's Grace [Java Edition]. Efek status ini memungkinkan kamu untuk berenang dengan lebih ccepat 

Enchantments Baru:
1. Loyalty. Apabila kamu memiliki trisula (trident) dengan enchanting Loyalt. Dan kamu lemparkan trisulamu maka, trisula itu akan kembali lagi kepadamu
2. Impaling. Memberikan damage ekstra terhadap mahluk air seperti dolphin, fish, guardian, elder guardian, squid, dan sea turtle.
3. Riptide. Enchanment ini memungkinkan kamu untuk berpindah secara langsung ke arah trisula yang kamu lemparkan. Enchanment ini bisa kamu gunakan untuk berpindah ke tempat yang lebih tinggi. Namun enchanment ini hanya berfunsgi di air atau saat sedang hujan.
4. Channeling. Channeling memungkinkan kamu untuk memanggil petir dengan cara melemparkan trisulamu ke arah musuh. Saat musuh terkena hit dari trisulamu maka petir akan menyambar, tapi pastikan bahwa mobs yang terkena hit dari trisula berada di bawah langit, dan harus berada pada kondisi hujan (air maupun salju).

Perubahan: 
1. Magma blocks sekarang juga bisa kita temui di lautan.
2. Item yang jatuh ke air sekarang akan mengapung ke permukaan
3. Beberapa command baru [Java Edition]
4. The flattening [Java Edition]
5. Model kuda yang baru
6. Tekstur air baru
7. Item frames sekarang juga bisa diletakkan di lantai dan di langit-langit. [Java Edition]
8. Untuk mempertahankan dirinya, cumi-cumi bisa menembakkan tinta [Java Edition] (Diadaptasi dari Bedrock Edition)
9. Saat kita keluar dari air oksigen tidak akan mengisi seketika, namun akan secara perlahan terisi.
10. Kemampuan kita melihat ke dalam air berubah, kita akan melihat lebih gelap lagi di bawah air.
11. Peta (Maps) sekarang bisa ditandai dengan banner.
12. Shulker box yang telah diwarnai, sekarang warnanya juga bisa dihilangkan kembali menggunakan cauldron.

Itulah beberapa update yang akan muncul di versi Minecraft selanjutnya, pastikan kamu juga sudah punya Minecraftnya hehe. Untuk informasi lebih lanjut bisa ke website resmi Minecraft di minecraft.net. Apabila ada yang ingin ditanyakan bisa taruh pertanyaan kalian di kolom komentar di bawah. (Ard) (Source:minecraft.gamepedia.com)

Ada yang kurang atau salah? Tambahkan komentarmu di bawah! :)
Previous
Next Post »

2 comments

  1. minecraft rasa god of war,trisula di lemapt biss balik lagi :v

    ReplyDelete
  2. Min, itu terumbu karang ga bisa di perbanyak kah? atau memang cuma bisa di ambil di lautan?

    ReplyDelete

'No live link in this comment field'
EmoticonEmoticon