Keindahan Dibalik Sejarah Sultan Ahmed Mosque

Eksterior Sultan Ahmed Mosque Saat Dilihat Pada Malam Hari
Sultan Ahmed Mosque, Masjid Indah Yang Merupakan Salah Satu Landmark Kota Istanbul, Turki. Image: travelercorner.com
Infocean-id - Saat anda mengunjungi Turki ada yang kurang lengkap rasanya jika anda tidak mengunjungi Sultan Ahmed Mosque, atau yang sering disebut sebagai Blue Mosque. Masjid yang menjadi salah satu landmark kota Istanbul tersebut merupakan destinasi wisata wajib jika anda menyambangi kota dua benua tersebut.
Sultan Ahmed Mosque, Masjid Indah Dengan Jutaan Sejarah
Sultan Ahmed Mosque, Masjid Indah Dengan Jutaan Sejarah. Image: moneywehave.com
Masjid yang dibangun saat pemerintahan sultan ahmed 1 ini selesai dalam kurun waktu sekitar 7 tahun dan diarsiteki oleh arsitek kerajaan bernama Sedefhar Mehmet AÄŸa. Masjid ini dibuat dengan enam menara yang menjulang tinggi dimana pada saat itu seorang muazin harus menaiki menara melalui tangga untuk mengumandangkan adzan. Menurut beberapa sumber sejarah, sebenarnya keenam menara tersebut dibangun bukan atas kehendak sultan ahmed. Namun karena kesalahan pendengarah sang arsitek yang salah mengartikan menara emas (altın minareler)  sebagai enam menara (altı minare). Namun Pembuatan keenam menara tersebut menuai banyak kritikan dari masyarakat yang menyamakan Sultan Ahmed Mosque dengan Masjidil Haram di mekah. Karena kritikan itu, Sultan Ahmed 1 menyumbang pembuatan menara ketuju di Masjidil Haram.

Jika anda melihat lebih kedalam lagi, akan tampak indahnya Blue Mosque yang dihiasi oleh 20.000 kramik iznik dengan lebih dari 50 motif bunga tulip yang berbeda. Dan bila anda melihat bagian kubah, akan terlihat lebih dari 200 jendela kaca patri dengan motif berbeda yang akan memendarkan warna biru yang indah disaat meneruskan cahaya matahari dari luar. Bentuk masjidpun telah didesain, walau seramai apapun, pengunjung akan tetap bisa melihat dan mendengar Imam saat kutbah.
Keindahan Kubah Dalam Sultan Ahmed Mosque
Keindahan Kubah Dalam Sultan Ahmed Mosque
Selain sebagai sarana ibadah, masjid ini juga popular sebagai destinsi wisata religi yang sering dikunjungi para wisatawan mancanegara. Namun, pada jam-jam tertentu, yaitu pada saat tiba waktu shalat lima waktu. Gerbang akan masih terbuka lebar bagi anda yang hendak menunaikan ibadah shalat di Blue Mosque hingga waktu ditutupnya gerbang seusai shalat isya hingga menjelang subuh. Blue Mosque terbuka bagi umum, namun jika anda ingin menikmati keindahan interior masjid, anda diwajibkan untuk menutup aurat.
Previous
Next Post »

'No live link in this comment field'
EmoticonEmoticon