Bangunkan Kembali Wayang Sebagai Warisan Budaya Indonesia dan Ikon Kota Semarang




Wayang adalah salah satu budaya warisan Indoesia. Terdapat banyak sekali contoh wayang seperti wayang kulit, wayang orang, wayang golek, dll. Dewasa ini, penikmat wayang sudah mulai menurun. Warisan budaya yang sarat akan makna dan ajaran - ajaran kehidupan ini sudah mulai kehilangan eksistensinya.
UNESCO (United Nations Educational) telah menegaskan komitmennya untuk mengembangkan wayang, begitu pula harapan kita kepada pemerintah dan semua pihak untuk ikut serta mempertahankan dan mengembangkan budaya bangsa, terutama menghadapi modernisasi. Perlu antisipasi untuk mencegah derasnya pengikisan kebudayaan yang melanda bangsa, yang dapat mengancam eksistensi seni tradisi dan budaya pada umumnya, khususnya adalah wayang. Lembaga internasional mengakui bahwa wayang adalah karya seni adiluhung yang penuh nilai-nilai fisolofis dan ajaran-ajaran moral, adapun alasan lembaga dunia tersebut memberi pengakuan yang begitu terhormat pada seni pewayangan.
Wayang orang Ngesti Pandowo adalah salah satu penyedia pagelaran wayang orang di Semarang contohnya. Pada masa kejayaanya, mereka pernah menjadi salah satu ikon kota Semarang yang tak boleh terlewatkan saat berkunjung ke kota ini. Namun sayang, arus gobalsasi menggeser kedudukan wayang di hati masyarakat. Salah satu cara untuk melestarikan dan lebih mengenal budaya Indonesia adalah dengan menonton wayang orang.
Untuk itu kami, Great Glory Ganesha Generation (4GSC), perusahaan siswa sociopreneur SMAN 3 Semarang memiliki tujuan yaitu mengenalkan budaya Indonesia terutama wayang orang pada masyarakat luas. Bekerjasama dengan Ngesti Pandowo, kami memiliki produk yang dinamakan Wayang On Point atau WOP. WOP adalah paket menonton wayang orang di Taman Budaya Raden Saleh, Semarang. Pertunjukkan menonton wayang orang diadakan setiap malam minggu dengan cerita yang berbeda setiap minggunya. Kami menyediakan 3 paket menonton wayang orang yang disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Paket menonton wayang orang kami terdiri atas :
·         Buku
Buku ini kami buat dengan tujuan agar para penonton semakin paham akan alur cerita pertunjukan. Berisi sinopsis cerita, kolom pengetahuan seputar tokoh wayang (For Your Information), serta pitutur jawa.
·         Snack
Di dalam paket kami menyediakan makanan tradisional untuk menemani Anda selama pertunjukkan. Selain itu juga menambah pengetahuan anda mengenai makanan tradisional. Satu paket makanan berisi 2 jajanan tradisional dan satu air mineral botol.
·         Souvenir
Bagi konsumen kami akan mendapatkan dua buah stiker eksklusif dari kami sebagai symbol bahwa anda telah menjadi pelanggan setia kami dan turut serta melestarikan budaya Indonesia.
Dengan service crew yang ramah, kursi VIP dan free berfoto bersama pemain tentunya akan membuat Anda semakin menikmati pertunjukkan wayang orang kami. Dengan fasilitas kursi VIPkami akan mengantarkan Anda ke kursi pilihan Anda. Acara ini akan semakin lengkap karena setelah pertunjukkan berakhir, Anda dapat mengabadikan momen ini dengan berfoto bersama para pemain wayang.

Tempat                                : Taman Budaya Raden Saleh, Semarang, Jawa Tengah (Jl Sriwijaya no 29)
Waktu                   :  20.00 WIB – 22.00 WIB
Hari                        :  Setiap malam minggu

JADWAL PERTUNJUKKAN WAYANG

·         Bulan Januari
Minggu ke - 1  : Narayana Dadi Ratu
Minggu ke -2   : Gatutkaca Rante
Minggu ke - 3  : Semar Nagih Janji
Minggu ke - 4  : Terjadinya Sendang Luhmayasandi

·         Bulan Februari
Minggu ke - 1   :  Narayana Dadi Ratu
Minggu ke -2    :  Petruk Dai Baladewa
Minggu ke -3    :  Brajadenta Mbalela
Minggu ke - 4   : Sarumba Sarumbi

·         Bulan Maret
Minggu ke - 1   :  Subadra Larung seri 1
Minggu ke -2    :  Subadra Larung seri 2
Minggu ke - 3   :  Resi Drona Gugat
Minggu ke - 4   :  Bambang Pramusinta

Untuk pemesanan dapat menghubungi Contact Person kami atau melaui OA Line kami dengan mengetik kata “order”. Anda juga bisa membeli langsung (OTS) dengan kami di Taman Budaya Raden Saleh sebelum pertunjukan dimulai.
Line                        : @iyi4276p (pakai @)
Instagram            : wop.4GSC
Website               : Wayangonpoint.cf
Contact Person : 082137793997 (Zerlina)
                                082227171547 (Laurence)
Kita tentunya sebagai geneasi muda harus melestarikan budaya Indonesia. Kalau bukan kita yang melestarikan, siapa lagi?

A Culture For Our Future!



Previous
Next Post »

2 comments

  1. Gua sangat setuju untuk melestarikan budaya kita, khususnya wayang. Akhir-akhir akhir ini banyak pemuda yang lebih condong menyukai budaya barat. Bagus gan artikelnya

    ReplyDelete
  2. Wayang adalah warisan kebudayaan indonesia. Jangan sampai warisan budaya indonesia dicuri negara lain. Setuju gan dengan diadakannya pertunjukan wayang sama saja membantu melestarikan kebudayaan indonesia

    ReplyDelete

'No live link in this comment field'
EmoticonEmoticon