Haumea Planet Kerdil yang Berbentuk Aneh

Infocean-id - Haumea adalah sebuah planet kecil berbentuk unik di tata surya, tepatnya di dalam sabuk kuiper. Haumea termasuk anggota planet planet kerdil yang diketahui berjumlah 5 planet diantaranya ceres, pluto, eris, makemake, dan haumea. Pada tanggal 17 September 2008, Haumea diakui sebagai planet kerdil oleh International Astronomical Union (IAU) / Persatuan Astronomi Internasional.


Haumea dan Satelitnya
Haumea dan Satelitnya
Bentuknya sangat unik dan berbeda dengan planet planet lainnya. Jika planet biasanya berbentuk bulat, lain halnya dengan haumea, planet kecil yang satu ini berbentuk elips (elipsoid). Diperkirakan bentuk aneh nya ini adalah akibat dari rotasinya yang sangat cepat, mungkin dulu haumea ditabrak oleh objek tata surya lain sehingga berotasi sangat cepat.


Planet ini mengorbit matahari dengan kecepatan 4.484 km / det. Karena jaraknya yang sangat jauh dari matahari planet ini membutuhkan waktu sekitar 283 tahun untuk satu kali orbit nya. Orbit Haumea memiliki eksentrisitas sedikit lebih besar dari anggota lain dari anggota sabuk kuiper, Hal ini merupakan keunikan tersendiri bagi Haumea.

Perbandingan Haumea dan Bumi
Perbandingan Haumea dan Bumi
Haumea diperkirakan memiliki massa yang ringan, sepertiga dari pluto. Suhu yang ada di planet ini sangat dingin diperkirakan -50 derajat Kelvin. Haumea memiliki dua buah satelit kecil yang mengorbitnya. Dua satelit ini bernama Haumea 1 Hiiaka dan Haumea 2 Namaka.


Penemuan haumea masih diperebutkan. Haumea ditemukan oleh tim yang dipimpin oleh Mike Brown yang ada di Observatorium Palomar di Amerika Serikat pada tahun 2004 dan oleh tim yang dipimpin oleh JL Ortiz di Sierra Nevada Observatory di Spanyol, pada tahun 2005 lalu.

Orbit Haumea
Orbit Haumea

Penamaan Haumea diambil dari mitologi Hawaii, untuk menghormati tempat menemukannya di hawaii. Sebenarnya sebelum dinamakan haumea planet ini dinamakan santa, karena tim Mike Brown menemukannya pada 28 desember. Setelah itu diganti Haumea karena menurut IAU penamaannya harus diambil dari mitologi. Planet ini merupakan objek paling terang ketiga di sabuk kuiper setelah pluto dan makemake.
Previous
Next Post »

'No live link in this comment field'
EmoticonEmoticon