Kirim Namamu ke Misi Mars 2020 dan Dapatkan Boarding Passnya!

Mengirimkan nama ke misi mars tahun 2020
Dapatkan boarding pass kamu dan terbangkan namamu ke Mars! Image:NASA/JPL-Caltech.
Infocean-id - NASA dikabarkan akan mengirimkan sebuah robot penjelajah (Rover) barunya untuk kembali mengeksplorasi Planet Merah pada Juli 2020 mendatanag. Misi ini dilakukan sebagai langkah awal, sebelum nantinya manusia akan benar-benar menginjakkan kakinya di Mars.

Nasa mengajak orang-orang di seluruh dunia untuk ikut berpartisipasi menjadi bagian dari misi pendaratan Rover pencari kehidupan di Mars yang dijadwalkan untuk diluncurkan pada musim panas mendatang dan mendarat di Planet Merah pada Februari 2021, tepatnya di Kawah Jezero. Nasa meminta semua orang yang tertarik dengan Astronomi maupun luar angkasa untuk mengirimkan nama mereka melalui link yang telah dibagikan di akun sosial media NASA.
Anggota tim dari misi ini di Jet Propulsion Laboratory NASA Pasadena, California, akan mengukirkan nama-nama tersebut pada sebuah microchip silikon dengan berkas elektron yang nantinya akan disematkan pada Rover terbaru milik NASA. Satu microchip dapat menampung hingga sekitar satu juta nama, dan tentunya NASA akan menyediakan lebih dari satu microchip untuk memenuhi permintaan.

Thomas Zurbuchen, associate administrator untuk Direktorat Misi Sains NASA di Washington, D.C., mengatakan bahwa di dalam misi yang bersejarah ini, NASA ingin melibatkan semua orang yang tertarik dalam perjalanan eksplorasi Mars tersebut.

Lalu, gimana caranya?
Tutorial cara mengirim nama ke misi mars dan mendapatkan boarding pass
Cara mengirim namamu ke misi penjelajahan mars tahun 2020. Image: mars.nasa.gov.
Caranya gampang banget! Kamu tinggal masuk ke website resmi misi penjelajahan Mars NASA di sini. Nanti kamu akan diminta untuk mengisi nama pertama dan terakhirmu, negara asal, kode pos tempat tinggalmu, dan email yang nanti akan digunakan untuk mengecek frequent flyer kamu. Kemudian, klik 'SEND MY NAME TO MARS'. Dan kamu akan mendapatkan boarding pass istimewa dari NASA. Keren, kan?

Kamu bisa mendownload atau mengeprint boarding pass tersebut untuk kamu pamerkan ke teman-teman kamu. Ayo buruan daftarkan namamu sebelum terlambat! Pendaftara sudah dibuka dari sekarang, hingga 30 September 2019. Kamu nantinya akan mendapatkan poin frequent flyer.

Sekilas Tentang Pendaratan Mars
Rover penjelajah Mars
Rover yang nantinya akan digunakan dalam misi penjelajahan Mars. Image: NASA/JPL-Caltech
Misi Mars pada tahun 2020 nanti akan menggunakan Rover terbaru NASA yang memiliki besar seukuran mobil. Memiliki panjang sekitar 3 meter, lebar 2,7 meter, dan tinggi 2,2 meter. Namun dengan berat yang jauh lebih ringan dari mobil pada umumnya, yaitu sekitar 2.314 pound (1.050 kilogram).

Rover tersebut ditargetkan akan mendarat pada 18 Februari tahun 2021 mendatang, di Kawah Jezero, Mars, yang memiliki lebar sekitar 28 mil (45 kilometer). Robot enam roda tersebut akan mengeksplorasi Planet Merah tersebut untuk mencari tanda-tanda kehidupan yang mungkin sudah lama mati, meneliti kondisi geologi, mencari es yang mungkin terkubur, dan beberapa pekerjaan lain. Terutama misi untuk menguji coba perangkat yang dirancang untuk menghasilkan oksigen dari atmosfir tipis Planet Mars yang didominasi oleh karbon dioksida. Tentunya akan sangat berperan penting dalam pengembangan Planet Mars di kemudian hari. Menjadikan Mars sebagai rumah ke dua, misalnya.
Baca Juga: Terraforming Mars, Mengubah Mars Menjadi Layak Huni
Semoga saja, misi ini akan berjalan sesuai rencana dan dapat membawa pengaruh besar bagi perkembangan Ilmu Pengetahuan di Bumi. Siapa tahu, di masa depan, Mars benar-benar akan menjadi rumah ke dua bagi Manusia. Siapa tahu, kan? Source: space.com(Ard).
Previous
Next Post »

'No live link in this comment field'
EmoticonEmoticon